PENGARUH LAJU ALIR DAN KEDALAMAN MEDIUM PADA PROSES BIOFILTRASI DINITROGEN MONOKSIDA DENGAN MEDIUM KOMPOS BERBASIS KOTORAN SAPI

Tania Surya , Utami and Cynthia Noviani, Noviani and Heri Hermansyah, Hermansyah and M. Nasikin, M. Nasikin (2010) PENGARUH LAJU ALIR DAN KEDALAMAN MEDIUM PADA PROSES BIOFILTRASI DINITROGEN MONOKSIDA DENGAN MEDIUM KOMPOS BERBASIS KOTORAN SAPI. In: SEMINAR REKAYASA KIMIA DAN PROSES 2010, 4-5 Agustus 2010, Teknik Kimia UNDIP Semarang.

[img]
Preview
PDF
260Kb

Abstract

Biofilter bekerja dengan cara mengalirkan aliran udara yang terkontaminasi melalui suatu media berpori dimana kontaminan dalam aliran udara akan teradsorpsi oleh biofilm dan kontaminan ini akan teroksidasi untuk menghasilkan biomassa, CO2, H2O, NO3-, dan SO42-. Selain itu, biofilter dapat mendukung pertumbuhan biologi dari mikroorganisme yang terdapat di dalam media berpori. Biofilter juga telah berhasil digunakan secara efektif untuk menghilangkan bau dan senyawa organik volatil (VOC) seperti benzene, stirena, fenol, dan alkena dari berbagai proses industri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi pengaruh laju alir dan kedalaman medium filter terhadap efisiensi reduksi N2O. Selain itu, perubahan sifat medium yang terjadi sebelum dan setelah biofiltrasi serta karakteristik dari medium filter yang digunakan yaitu kompos berbasis kotoran sapi dan bulking agent berupa sekam dan cocopeat juga akan diteliti. Penelitian dilakukan dengan sistem aliran batch selama 9 jam. Hasil penelitian menunjukkan efisiensi reduksi N2O terbaik didapatkan pada laju alir 88 cm3/menit dengan kedalaman 50 cm sebesar 61,35%.

Item Type:Conference or Workshop Item (Other)
Uncontrolled Keywords:biofilter; efisiensi reduksi; kompos; kotoran sapi; N2O
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:UNDIP Conference/Seminar > SEMINAR NASIONAL REKAYASA KIMIA DAN PROSES
ID Code:28041
Deposited By:teknik kimia
Deposited On:24 May 2011 09:42
Last Modified:24 May 2011 09:42

Repository Staff Only: item control page