ANALISA DAN TROUBLE SHOOT KENAIKAN DELTA PRESSURE PADA CO ABSORBER DI PABRIK PEMURNIAN CO

Iswahyudi Mertosono, Mertosono and SukmIwan Daru ana, Daru ana (2010) ANALISA DAN TROUBLE SHOOT KENAIKAN DELTA PRESSURE PADA CO ABSORBER DI PABRIK PEMURNIAN CO. In: SEMINAR REKAYASA KIMIA DAN PROSES 2010, 4-5 Agustus 2010, Teknik Kimia UNDIP Semarang.

[img]
Preview
PDF
422Kb

Abstract

Pabrik Pemurnian CO (PPCO) merupakan salah satu pabrik yang berada di lingkungan PT Pupuk Kujang yang menggunakan teknologi COSORB (CO Absorbtion) berdasarkan teknologi Kinetics Technology International BV (KTI). PPCO menggunakan synthesis gas keluaran secondary reformer Pabrik Ammonia Kujang 1A sebagai bahan baku untuk memproduksi CO dengan konsentrasi tinggi, diatas 98%. Proses pemisahan dan pemurnian CO pada PPCO menggunakan CO Absorber (T201) dan CO Stripper (T202) sebagai unit operasi utama, dengan larutan cosorb (CuAlCl4) sebagai penyerapnya. Permasalahan kenaikan delta pressure di CO Absorber (T201) yang menyebabkan unscheduled shutdown sebanyak dua kali yaitu pada bulan Oktober 2009 dan Februari 2010, dengan total down time 17 hari, menyebabkan menurunnya produktivitas pada pabrik PPCO. Suatu investigasi insiden secara komprehensif dan tindakan perbaikan dilakukan untuk mencegah terulangnya permasalahan yang sama. Terdapat beberapa key lessons yang dapat menjadi pelajaran berharga dalam pengoperasian sistem pemisahan dan pemurnian dengan menggunakan absorber dan stripper sebagai unit operasi utamanya. Analisa mendalam mengenai permasalahan yang ada menunjukan bahwa masalah delta pressure yang terjadi di CO Absorber (T201) disebabkan proses stripping di CO Stripper (T202) yang tidak sempurna. Penyelesaian masalah dilakukan secara terintegrasi baik di di CO Absorber (T201) maupun CO Stripper ( T202 ) dengan mengubah pola operasi yang ada.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:COSORB, synthesis gas, secondary reformer, CO Absorber (T201), CO Stripper (T202), delta pressure, unscheduled shutdown
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:UNDIP Conference/Seminar > SEMINAR NASIONAL REKAYASA KIMIA DAN PROSES
ID Code:28012
Deposited By:teknik kimia
Deposited On:23 May 2011 14:37
Last Modified:23 May 2011 14:37

Repository Staff Only: item control page