REKALKULASI MESIN DIESEL 4 - TAK MULTI SILINDER ( RECALCULATION OF THE DIESEL ENGINE 4 NOT THE MULTI- CYLINDER )

Muhammad, Noor Ham and Ridwan, Arroisi and Setyo , Aris .W and Yuniarly , W and Juli, Mrihardjono and Didik, Ariwibowo (2010) REKALKULASI MESIN DIESEL 4 - TAK MULTI SILINDER ( RECALCULATION OF THE DIESEL ENGINE 4 NOT THE MULTI- CYLINDER ). Undergraduate thesis, D3 Teknik Mesin.

[img]
Preview
PDF
178Kb

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk melakukan Perhitungan Ulang ( Rekalkulasi ) mesin Diesel 4 tak 4 silinder. Dengan spesifikasi mesin Mitsubishi L 300 Diesel 4 tak 4 silinder dengan tahun pembuatan 1995 yang berpendingin air, mekanisme katup SOHC, isi silinder 2477cc, dengan ukuran Bore x Stroke adalah 91.1 x 95.0, perbandingan kompresi 21 : 1, daya mesin 74 PS/4200 rpm. Laporan ini mencakup hasil pengukuran-pengukuran komponen mesin diesel L300 antara lain silinder liner, torak, ring kompresi, ring oli, poros engkol, poros nok, katup, pegas katup, dan rocker arm. Dari pengukuran tersebut dapat disimpulkan bahwa beberapa komponen masih layak untuk dipakai tetapi ada sebagian komponen harus diganti, karena sudah tidak memenuhi standar kelayakan. Rekalkulasi dilakukan dengan cara memasukan hasil-hasil dari pengukuran ke formula-formula antara lain formula menentukan effisiensi, daya dan kebutuhan bahan bakar. Dari kalkulasi tersebut didapatkan daya mesin adalah sebesar 73,21 HP. Dengan demikian, terdapat perbedaan antara daya perhitungan dengan daya spesifikasi tetapi dalam skala yang kecil. Hal ini dikarenakan adanya perubahan ukuran yang berkontribusi pada daya mesin. Kata kunci : daya, mesin diesel, effisiensi, rekalkulasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
ID Code:27968
Deposited By:Mrs Wahyu D3 Teknik Mesin
Deposited On:23 May 2011 09:38
Last Modified:23 May 2011 09:38

Repository Staff Only: item control page