OPTIMALISASI PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERANCANGAN TOLERANSI TAGUCHI PT Jasa Marga ro) C

HAUMAHU, PATRICIA WAHYU and WURYANDARI, TRIASTUTI (2011) OPTIMALISASI PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERANCANGAN TOLERANSI TAGUCHI PT Jasa Marga ro) C. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
84Kb

Abstract

Metode Taguchi adalah usaha peningkatan kualitas yang dikenal sebagai metode off-line quality control. Metode ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang lebih tangguh (robust) sehingga sering disebut sebagai metode Robust Design. Robust Design berupaya mengoptimalkan desain produk dan proses sehingga performansi akhir akan sesuai dengan target dan mempunyai nilai variabilitas yang minimum. Robust Design dapat dicapai dengan dua tahapan utama, yaitu metode perancangan parameter dan perancangan toleransi. Perancangan toleransi adalah metode peningkatan kualitas dengan cara memperketat toleransi nilai target/optimum faktor terkontrol sehingga keragaman performansi produk dapat dikurangi. Alat analisis yang digunakan adalah ANOVA dan Quality Loss Function atau fungsi kerugian kualitas yang diusulkan oleh Taguchi. ANOVA digunakan untuk mengetahui faktor mana yang berkontribusi pada variabilitas total beserta besar kontribusinya. Fungsi kerugian kualitas bermanfaat untuk membantu peneliti mengetahui besar kerugian dan menentukan pertukaran yang seimbang antara kualitas dengan biaya yang dikeluarkan manufaktur sehingga metode perancangan toleransi menjadi lebih ekonomis. Dalam percobaannya, rancangan yang digunakan adalah orthogonal array Taguchi untuk mengurangi run sehingga menghemat waktu dan ongkos percobaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Metode Taguchi, robust design, perancangan toleransi, fungsi kerugian kualitas, ANOVA, orthogonal array
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:27933
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:20 May 2011 10:23
Last Modified:13 May 2013 12:26

Repository Staff Only: item control page