KAJIAN TENTANG PARTISIPASI KELOMPOK MASYAIRAKAT PEMBUDIDAYA RUMPUT LAUT DI KA.RIMUNJAWA, KABUPATEN JEPARA, .I.A‘WA T. ENGAH

Sulardiono, Bambang (2007) KAJIAN TENTANG PARTISIPASI KELOMPOK MASYAIRAKAT PEMBUDIDAYA RUMPUT LAUT DI KA.RIMUNJAWA, KABUPATEN JEPARA, .I.A‘WA T. ENGAH. Project Report. FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1460Kb

Abstract

Rumput Tau# merupakan salah satu komoditas unggulan dari sektor perikanan di Karimunjawa, Selatna ini, budidaya rumput laut (Eucheuma cottonii) banyak dilakukan oleh masyarakat setempat, sebagai mata pencaharian utama. Namun karena banyak mengalami kendala dalam hal teknis maupun pemasaran, maka masyarakat setempat merasa perlu untuk meningkatkan usaha budidaya tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan ketrampilan dan menguatkan nilai Pasar untuk komoditas tersebut, maka masyarakat membentuk kelompok kcgiatan budidaya rtnnput taut. yang bernarna kelompok Alga Jaya. Tujuan dari Penelitia.n ini adalah untuk mengeta.hui tingkat partisipasi masyarakat melahn kegiatan kelompok dan penyuluhan, dan mengetahui persepsi masyarakat terhadap kelestarian lingkungan. Peneliti:an ini dilaksanakan pada bulan Juli Agustus. Ivietode penehtian yang digunakan adaiah metode deskriptif kuaiitatif yang bersifat studi kasus r`ata peroleh dengan car a obse TV asi dan wal,vancara dengan bantuan kuesioner, Variabel yang digunakan dalam paaisipasi kelompok Alga Jaya antara tingkat keaktifan kegiatan kelompok dan penynIuhan, mengetahui sikap masyarakat terhadap kelestarian lingkungan serta mengetahui persepsi kelompo mengenai budidaya rumput Taut. Pengambilan responden dilakukan dengan metode" Purposive Sampling". Responden yang diambil sebanyak 41 orang. rlata yang sudah terkumpul dilakukan mengodekan data dan selanjtAnya clitabulasi untuk memudahkan dalain penaolahan lebil7 lanjut. Untuk memudahkan dalam skor denaan menggunakan metode Skala Likert• Data dianalisis secara statistik deskriptif, di mana penyajian data ditampilkan dalam tabel distribusi frektieni dan tabel silang (crosstabs) Hasil penelitian menunjukka.n bahwa responden mempunyai tingkat keaktifan dalam kegiatan kelompok penyuluhan yakni sebanyak 41 responden (100 %) memiliD-= yang sangat aktif, sikap terhadap kelestarian lingkungan perairan yakni sebanyak 32 responden (78,05 %) mempunyai sikap dan kesadaran yang tinggi akan menjaga kelestarian lingkungan, serta. persepsi met*enai budidaya rumput laut yakni sebanyak 27 responden (65,85 %) Ineinpuliyai peinahaman yang balk mengenal budidaya aunpui, laut. Kata Kunci Partispasi, kelompok Alga Jaya, Budidaya rumput laut.

Item Type:Monograph (Project Report)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:27880
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:19 May 2011 10:00
Last Modified:19 May 2011 10:00

Repository Staff Only: item control page