PERSENTASE PRODUK ETANOL DARI DISTILASI ETANOL–AIR DENGAN DISTRIBUTE CONTROL SYSTEM (DCS) PADA BERBAGAI KONSENTRASI UMPAN

LESTARI , ENDAH (2010) PERSENTASE PRODUK ETANOL DARI DISTILASI ETANOL–AIR DENGAN DISTRIBUTE CONTROL SYSTEM (DCS) PADA BERBAGAI KONSENTRASI UMPAN. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
37Kb

Abstract

INTISARI Distilasi adalah pemisahan komponen zat berdasarkan perbedaan titik didih. Distilasi yang dilengkapi dengan DCS (Distribute Control System) dapat mempermudah pengontrolan suhu selama proses. Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini adalah mengontrol suhu secara akurat pada proses destilasi yang dilengkapi Distribute Control System (DCS) dan mengetahui pengaruh konsentrasi feed etanol terhadap konsentrasi produk. Distilasi yang dilakukan pada tugas akhir ini adalah distilasi azeotrop karena memisahkan campuran etanol dan air yang pada komposisi tertentu akan sulit dipisahkan karena mempunyai titik didih yang berdekatan. Alat distilasi ysng digunakan adalah packed tower dengan system refluk. Alat ini terdiri dari 4 tray, ketel pemanas, kondensor dan tangki refluk. Jenis sensor untuk mendeteksi suhu adalah LM 35. Pada praktikum ini, refluk tidak digunakan. Variabel berubah yang digunakan yaitu konsentrasi feed etanol 20%,25%,39%,35%,40%. Variabel yang dikendalikan yaitu suhu ± 780C dan waktu distilasi 2 jam. Proses pemisahan etanol pada distilasi etanol air dengan menggunakan alat distilasi DCS menghasilkan konsentrasi produk yang homogen yaitu 91%. Sedangkan volume distilat semakin banyak dan volume bottom semakin sedikit. Untuk memperoleh konsentrasi yang lebih optimal dapat digunakan system refluk atau distilasi bertahap.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:27655
Deposited By:Mrs Pudja D3 Teknik Kimia
Deposited On:12 May 2011 09:48
Last Modified:12 May 2011 09:48

Repository Staff Only: item control page