Efek Penambahan Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Perkembangan Jengger dan Bobot Testis Ayam Petelur Jantan(Gallus sp) The Addition Effect Of Virgin Coconut Oil (VCO) On Testis Weight and Comb Growth of Leghorn Chicken Rooster (Gallus sp)

Santoso, Mohammad Sigit (2010) Efek Penambahan Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Perkembangan Jengger dan Bobot Testis Ayam Petelur Jantan(Gallus sp) The Addition Effect Of Virgin Coconut Oil (VCO) On Testis Weight and Comb Growth of Leghorn Chicken Rooster (Gallus sp). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki manfaat bagi manusia yaitu sebagai sumber protein hewani. Ayam sebagai salah satu bahan makanan harus menghasilkan produk yang baik berupa daging dan telur. Salah satu cara untuk meningkatkan produk ayam adalah perlu diadakan manajemen pakan ayam. Berbagai hal telah dilakukan untuk meningkatkan produk ayam, salah satu cara adalah dengan penambahan Virgin Coconut Oil (VCO) pada pakan. Manfaat VCO bagi manusia telah diketahui dan aman untuk dikonsumsi sehingga diasumsikan aman pula bagi ayam maupun manusia yang mengkonsumsi ayam tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efek penambahan VCO terhadap perkembangan jengger dan bobot testis ayam. Hewan uji yang digunakan adalah 20 ekor ayam petelur jantan. Rancangan percobaan menggunakan metode rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan dan lima ulangan (Po: 0 cc/kg, P1 : 1,5 cc/kg, P2 : 3 cc/kg, dan P3 : 6 cc/kg). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA dengan taraf signifikansi 95%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna pada perkembangan jengger dan bobot testis ayam. Hal ini menunjukkan bahwa VCO pada konsentrasi penelitian belum dapat digunakan sebagai additif feed dalam rangka meningkatkan produktivitas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:VCO, jengger dan bobot testis, metabolisme ayam
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:27292
Deposited By:Mr. Biologi Admin
Deposited On:04 May 2011 14:42
Last Modified:04 May 2011 14:42

Repository Staff Only: item control page