Produksi Karotenoid oleh Khamir Rhodosporidium paludigenum Menggunakan Wortel (Daucus carota L.) Sebagai Prekursor dalam Medium Standar

Wati, Yuni Anita (2011) Produksi Karotenoid oleh Khamir Rhodosporidium paludigenum Menggunakan Wortel (Daucus carota L.) Sebagai Prekursor dalam Medium Standar. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
76Kb

Abstract

Karotenoid adalah pigmen alami yang diproduksi oleh mikroorganisme dan tanaman yang memiliki fungsi dalam bidang kesehatan, pangan dan kosmetik. Rhodosporidium paludigenum merupakan salah satu khamir yang memproduksi pigmen alami berupa karotenoid. Produksi karotenoid oleh khamir dapat ditingkatkan dengan modifikasi medium standar yang ditambah dengan jus wortel. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pertumbuhan dan produksi karotenoid oleh khamir R. paludigenum pada medium standar yang ditambah jus wortel dengan konsentrasi yang berbeda. Penelitian dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Diponegoro. Variabel yang diamati adalah berat kering sel, jumlah pigmen total, dan analisisis gula pereduksi. Penelitian menggunakan RAK faktor tunggal dengan variasi konsentrasi jus wortel yaitu 0%, 10%, 20%, 30%, dan 40% yang diulang sebanyak 3 kali setiap perlakuan. Data penelitian dianalisis dengan metode ANOVA dan dilanjutkan dengan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan tertinggi diperoleh pada perlakuan jus wortel 40% yaitu 6,73 g/L yang berbeda nyata dengan perlakuan lainnya. Produksi pigmen karotenoid berbeda tidak nyata dengan semua perlakuan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Karotenoid, Rhodosporidium paludigenum, jus wortel, pewarna alami
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:27290
Deposited By:Mr. Biologi Admin
Deposited On:04 May 2011 14:35
Last Modified:04 May 2011 14:35

Repository Staff Only: item control page