Produksi Enzim Inulinase dari Tepung Umbi Dahlia oleh Khamir Pichia manshurica DUCC-015 dengan Sumber Nitrogen Organik dan Waktu Inkubasi yang Berbeda

Rachmatyar, Wita (2011) Produksi Enzim Inulinase dari Tepung Umbi Dahlia oleh Khamir Pichia manshurica DUCC-015 dengan Sumber Nitrogen Organik dan Waktu Inkubasi yang Berbeda. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
28Kb

Abstract

Pangan fungsional adalah pangan yang mempunyai dampak positif pada kesehatan manusia. Inulin dari umbi dahlia dan beberapa produk hidrolisisnya merupakan salah satu sumber pangan fungsional. Hidrolisis inulin oleh enzim inulinase (2,1-β-D-fructan fructanohydrolase, E.C 3.2.1.7) yang diproduksi khamir Pichia manshurica DUCC-015 akan menghasilkan beberapa produk diantaranya IOS (inulooligosakarida) yang berpotensi sebagai prebiotik dan HFS (High Fructose Syrup) sebagai pemanis alternatif alami. Peningkatan produksi enzim inulinase dapat dilakukan dengan modifikasi sumber nitrogen organik berupa yeast extract, pepton, dan beef extract dengan konsentrasi 0,15% dalam medium produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai sumber nitrogen organik dengan konsentrasi sama dan lama waktu inkubasi dalam produksi enzim inulinase oleh khamir P.manshurica DUCC-015. Penelitian dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Diponegoro. Variabel yang diamati adalah pertumbuhan sel khamir, aktivitas inulinase, aktivitas invertase, dan rasio S/I. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor. Faktor pertama berupa perbedaan sumber nitrogen organik, P1 (yeast extract), P2 (pepton), dan P3 (beef extract), sedangkan faktor kedua adalah waktu inkubasi pada W1 (6 jam), W2 (12 jam), W3 (18 jam), dan W4 (24 jam) dengan pengulangan sebanyak 3 kali setiap perlakuan. Data penelitian dianalisis dengan metode ANOVA dan bila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas inulinase tertinggi diperoleh pada perlakuan P2W3 yaitu 0,6134 IU/mL yang berbeda tidak nyata dengan perlakuan lainnya, sedangkan aktivitas invertase tertinggi sebesar 1,1827 IU/mL pada perlakuan P3W1 berbeda nyata dengan semua perlakuan. Rasio S/I terendah sebesar 1,8120 ditunjukkan pada perlakuan pepton 0,15 % dan waktu inkubasi 18 jam yang sekaligus menunjukkan aktivitas inulinase tertinggi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:inulin, Inulinase, P.manshurica DUCC-015, sumber nitrogen organik, waktu inkubasi
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:27286
Deposited By:Mr. Biologi Admin
Deposited On:04 May 2011 14:11
Last Modified:04 May 2011 14:11

Repository Staff Only: item control page