Isolasi Bakteri Inulinolitik dari Umbi Dahlia (Dahlia sp.) dan Produksi Inulinasenya pada Berbagai Konsentrasi Pepton dan Waktu Inkubasi

Ambarwati, Sri (2010) Isolasi Bakteri Inulinolitik dari Umbi Dahlia (Dahlia sp.) dan Produksi Inulinasenya pada Berbagai Konsentrasi Pepton dan Waktu Inkubasi. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
89Kb

Abstract

Bakteri inulinolitik merupakan bakteri yang memproduksi enzim inulinase penghidrolisis inulin menjadi fruktosa dan fruktooligosakarida, yang bermanfaat dalam industri, antara lain industri pemanis alami sirup fruktosa atau High Fructose Syrup (HFS). Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi bakteri inulinolitik dari umbi dahlia (Dahlia sp.) dan mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi pepton dan waktu inkubasi terhadap produksi enzim inulinase dari isolat terpilih. Isolasi dilakukan dengan metode streak plate pada medium inulin. Pengukuran aktivitas enzim inulinase dilakukan dengan metode DNS. Penelitian ini dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial, yaitu variasi konsentrasi pepton 0%; 0,5%; 1%, dan waktu inkubasi 36 jam, 40 jam, 44 jam dengan 3 kali ulangan. Enam belas isolat bakteri inulinolitik berhasil didapatkan, penapisan lebih lanjut menghasilkan 3 isolat terpilih yaitu Amb-6, Amb-13, dan Amb-15, selanjutnya isolat Amb-15 dipilih untuk diteliti lebih lanjut. Isolat bakteri inulinolitik Amb-15 memiliki aktivitas enzim inulinase dan aktivitas katalitik tertinggi pada konsentrasi pepton 0% dan waktu inkubasi 44 jam, berturut-turut 1,494 IU/mL dan 1,852, sedangkan aktivitas invertasenya sebesar 1,064 IU/mL pada konsentrasi pepton 1% dan waktu inkubasi 44 jam, yang berbeda tidak nyata dengan perlakuan lainnya. Konsentrasi pepton dan waktu inkubasi tidak mempengaruhi produksi enzim inulinase isolat bakteri inulinolitik Amb-15.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Bakteri inulinolitik, High Fructose Syrup (HFS), umbi dahlia (Dahlia sp.), inulinase, invertase, katalitik inulinase.
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:27278
Deposited By:Mr. Biologi Admin
Deposited On:04 May 2011 13:41
Last Modified:04 May 2011 13:41

Repository Staff Only: item control page