KANDUNGAN KHROMIUM (Cr) PADA UDANG PUTIH (Penaeus vannamei) DAN UDANG TENGER (Metapenaeus sp) DI TAMBAK BANDENG SEKITAR SUNGAI BABON, SEMARANG

Permanasari, Kurnia Widi (2010) KANDUNGAN KHROMIUM (Cr) PADA UDANG PUTIH (Penaeus vannamei) DAN UDANG TENGER (Metapenaeus sp) DI TAMBAK BANDENG SEKITAR SUNGAI BABON, SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
15Kb

Abstract

Penggunaan lahan di daerah aliran Sungai Babon, tepatnya Kelurahan Trimulyo Kecamatan Genuk cenderung didominasi oleh kegiatan industri. Selain sebagai pusat perindustrian, daerah sekitar Sungai Babon juga dijadikan sebagai daerah pertambakan. Pencemaran logam berat Cr di sungai dan muara sungai Babon sangat mempengaruhi hasil produksi tambak. Beberapa hasil produksi di tambak bandeng sekitar Sungai Babon adalah jenis udang putih (Penaeus vannamei) dan udang tenger (Metapenaeus sp). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis konsentrasi logam berat Cr pada udang putih, udang tenger, sedimen serta air di tambak bandeng sekitar Sungai Babon, dan mengetahui perbedaan kandungan logam berat Cr pada udang putih (Penaeus vannamei), udang tenger (Metapenaeus sp), sedimen serta air di tambak bandeng sekitar Sungai Babon. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2009 sampai bulan Juni 2010. Pengambilan sampel dilakukan di tambak bandeng sekitar muara sungai Babon Kota Semarang. Analisis logam berat Cr dilakukan di Laboratorium Kimia Analitik Jurusan Kimia FMIPA Universitas Diponegoro Semarang dengan menggunakan alat Atomic Absorption Spectrometer (AAS). Uji statistik yang digunakan untuk mengetahui perbedaan kandungan logam berat Cr pada udang putih, udang tenger, sedimen serta air di tambak bandeng sekitar Sungai Babon adalah uji Friedman yang dilanjutkan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kandungan khromium (Cr) pada udang putih (Penaeus vannamei), udang tenger (Metapenaeus sp), sedimen maupun air di tambak bandeng sekitar Sungai Babon, yang berkisar antara 0,021–4,208 mg/kg. Kandungan Cr pada udang dan sedimen belum melebihi ambang batas baku mutu Cr dalam udang dan dalam sedimen perairan laut, sedangkan kandungan Cr pada air telah melebihi ambang batas baku mutu Cr dalam air laut untuk biota laut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pencemaran, Khromium, Udang Tenger, Udang Putih, Tambak, Sungai Babon.
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:27275
Deposited By:Mr. Biologi Admin
Deposited On:04 May 2011 13:33
Last Modified:04 May 2011 13:33

Repository Staff Only: item control page