TRANSFORMASI GEN P5CS (PYRROLINE-5-CARBOXYLATE SYNTHETASE) KE DALAM KALUS KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) MELALUI Agrobacterium tumefaciens AGL0

Usmani, Alfiyah (2011) TRANSFORMASI GEN P5CS (PYRROLINE-5-CARBOXYLATE SYNTHETASE) KE DALAM KALUS KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) MELALUI Agrobacterium tumefaciens AGL0. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
39Kb

Abstract

Pemanfaatan lahan marginal untuk perkebunan kelapa sawit menuntut ketersediaan jenis tanaman kelapa sawit yang tahan terhadap cekaman kekeringan. Rekayasa genetika dilakukan dengan cara mentransformasi gen P5CS pembawa sifat ketahanan terhadap cekaman kekeringan ke dalam kalus kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mentransformasi rakitan gen P5CS ke dalam kalus kelapa sawit untuk mendapatkan kalus rekombinan yang memiliki sifat toleran terhadap kekeringan. Tahapan penelitian diawali dengan transformasi plasmid rekombinan pBI-P5CS dari Escherichia coli XL1 Blue pBIP5CS ke Agrobacterium tumefaciens AGL0. Selajutnya, dilakukan seleksi A. tumefaciens AGL0 transforman dan deteksi gen P5CS dengan PCR plasmid pBI-P5CS menggunakan primer P5CS. Metode transfer gen P5CS ke dalam kalus kelapa sawit melalui A. tumefaciens AGL0. Seleksi kalus transforman dilakukan pada media de Fossard padat diikuti pengujian adanya gen P5CS di dalam kalus kelapa sawit menggunakan PCR dengan bantuan gen nptII sebagai gen penanda. Keberhasilan transformasi plasmid rekombinan pBI-P5CS ke dalam kalus kelapa sawit melalui A. tumefaciens AGL0 ditunjukkan dengan adanya fragmen gen P5CS berukuran sekitar 2,3 Kb serta keberadaan gen penanda nptII yang berukuran 700 pb.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Gen P5CS, Kalus, Kelapa Sawit, Agrobacterium tumefaciens
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:27257
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 May 2011 12:09
Last Modified:04 May 2011 12:09

Repository Staff Only: item control page