STRATEGI PEMECAHAN KREDIT BERMASALAH DI PD. BPR BANK DAERAH PATI

Putri, Anindya Rosalina Subagyo (2011) STRATEGI PEMECAHAN KREDIT BERMASALAH DI PD. BPR BANK DAERAH PATI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Program D III Keuangan Daerah) - Submitted Version
53Kb

Abstract

Perkembangan jaman yang maju adanya persaingan ekonomi yang semakin ketat menuntut setiap individu untuk mampu memenuhi kebutuhan hidup yang makin kompleks. Berkembangnya lembaga keuangan merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah permodalan. Bank yang lebih di kenal oleh masyarakat. Debitur meminjam suatu dana (kredit) pada sebuah bank memang dipergunakan untuk usaha serta pengembangan konsumtif untuk kebutuhan masa datang. Dari sinilah yang menimbulkan kredit bermasalah dari sebuah Bank. Pada PD. BPR Bank Daerah Penelitian ini dilakukan mengenai kredit yang bermasalah (macet) Tahun 2009. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Deskriptif yaitu penelitian dengan pengumpulan data sebanyak-banyaknya melalui pengamatan langsung tentang objek penelitian. Sedangkan kualitatif pengumpulan dan pengolahan data dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Selain itu juga data yang diperoleh dari sumber terkait baik data primer maupun sekunder yang kesemuanya mengenai faktor-faktor yang merupakan pendukung dari tema penelitian, yakni tentang usaha penyelesaian kredit bermasalah. PD. BPR Bank Daerah Pati dalam mengatasi kredit macet melakukan beberapa strategi atau langkah-langkah. Pertama; Pendekatan kekeluargaan dimana pihak bank mendatangi nasabah secara langsung dengan tujuan negosiasi penyelesaian kredit yang macet. Kedua; Dengan surat menyurat dilakukan bila pihak bank tidak bisa mengunjungi nasabah secara langsung, dengan harapan bisa datang ke kantor memenuhi panggilan. Ketiga; Melalui jalur hukum, dengan melakukan somasi lewat pengadilan. Strategi yang diterapkan PD. BPR Bank Daerah Pati itu mampu mengatasi permasalahan kredit macet dengan baik, prosentase 100%. Keberhasilan strategi itu tentu didukung oleh kinerja karyawan yang bersangkutan. Kedepan PD. BPR Bank Daerah Pati yang merupakan Bank milik Pemerintah Daerah Kabupaten Dati II Pati dalam tingkat kedudukan kredit diharapkan mampu terus berkembang seirama dengan perkembangan jaman dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Kata Kunci : PD. BPR Bank Daerah Pati, Kredit bermasalah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Government Finance
ID Code:27093
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Apr 2011 11:34
Last Modified:29 Apr 2011 11:34

Repository Staff Only: item control page