PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA YAYASAN IRE (INSTITUTE FOR RESEARCH AND EMPOWERMENT) FLAMMA YOGYAKARTA

Virginia, Angita Rarastima (2011) PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA YAYASAN IRE (INSTITUTE FOR RESEARCH AND EMPOWERMENT) FLAMMA YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Program D III Keuangan Daerah) - Submitted Version
85Kb

Abstract

Era reformasi menandai terbukanya pintu-pintu kebebasan masyarakat dalam berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat mendorong masyarakat memperjuangkan hak-hak dasar mereka. Perjuangan masyarakat tersebut menandai era “kebangkitan civil society” dalam bentuk tumbuhnya organisasi-organisasi dan kelompok-kelompok masyarakat yang baru. Sehingga sejak tahun 1998 banyak sekali LSM yang muncul di masyarakat. Banyaknya LSM yang muncul di masyarakat tidak diikuti dengan majunya manajemen pengelolaan keuangan pada LSM itu sendiri, tak banyak LSM yang telah memiliki manajemen keuangan yang baik. Berangkat dari permasalahan tersebut tema ini menjadi sangat menarik dan penting untuk dibahas mengingat pentingnya pengelolaan keuangan pada organisasi dan kelompok masyarakat yang secara populer disebut Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Dalam rangka penulisan Tugas Akhir penulis melakukan penelitian pada salah satu LSM terbesar di Jogja, yakni Yayasan IRE (Institute for Research and Empowerment) Yogyakarta. Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui pengelolaan akuntansi keuangan dan penyusunan laporan keuangan pada organisasi nirlaba. Pengelolaan keuangan Yayasan IRE berdasarkan PSAK Nomor 45 tentang Pengelolaan organisasi nirlaba. IRE merupakan organisasi nirlaba berarti kegiatannya tidak berorientasi pada laba, sehingga untuk mencukupi kebutuhan mereka berbeda dengan organisasi bisnis yang mencukupi kebutuhan dari laba yang diperoleh. Yayasan IRE mencukupi kebutuhan Yayasan dengan kebijakan saving, yaitu kontribusi dari staff IRE yang berasal dari gaji. Pengelolaan keuangan oleh Deputi Administrasi dan Keuangan, Akuntan dan Kasir. Penyusunan anggaran keuangan secara bottom-up agar terpenuhi semua kebutuhan. Penyusunan laporan keuangan pada Yayasan IRE dibantu dengan aplikasi Quick books. Laporan keuangan hampir sama dengan organisasi laba, yakni Laporan Posisi Keuangan, Laporan Aktivitas, Laporan Arus Kas dan Catatan atas Laporan Keuangan. Laporan keuangan tersebut disajikan setiap tiga bulan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Government Finance
ID Code:27092
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:29 Apr 2011 11:28
Last Modified:29 Apr 2011 11:28

Repository Staff Only: item control page