PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH KPP PRATAMA PEKALONGAN DALAM PENYAMPAIAN SPT

Adinugroho, Titus (2010) PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH KPP PRATAMA PEKALONGAN DALAM PENYAMPAIAN SPT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Program D III Keuangan Daerah) - Submitted Version
53Kb

Abstract

Pajak merupakan salah satu penerimaan negara yang berkembang dan meningkat sesuai dengan perkembangan kemampuan riil rakyat dan laju pembangunan nasional. Dengan meningkatnya penerimaan negara dari sektor pajak diharapkan dapat terwujud masyarakat yang adil dan makmur baik dari meterial dan spiritual berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Mengingat pajak mempunyai peran yang sangat besar dan penting dalam memberikan masukan untuk kas negara, maka sistem perpajakan di Indonesia selalu diperbaharui melalui peraturan perundang-undangan perpajakan. Dalam era reformasi ini telah pula dilakukan pembaharuan terhadap undang-undang perpajakan meliputi: UU No. 16 tahun 2000 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan, UU No. 17 tahun 2000 tentang pajak penghasilan (PPh), UU No. 34 tahun 2000 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, UU No. 18 tahun 2000 tentang pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah, UU No. 28 tahun 2007 tentang KUP merupakan landasan fundamental bagi administrasi perpajakan di Indonesia UU ni telah diserahkan pemerintah dan DPR RI pada 17 Juni 2007 lalu dan akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2008 kemarin. Dengan diperbaharuinya sistem tersebut diharapkan agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak dan mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Dalam penulisan Tugas Akhir (TA) ini, penulis menggunakan metode penelitian dengan tipe penelitian deskriptif, jenis data kualitatif, sumber data berasal dari data primer dan sekunder, dan metode pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dalam pelaksanaan pelayanan khususnya pelayanan penyampaian SPT menemui beberapa kendala antara lain ; pemadaman listrik yang tiba-tiba, aplikasi error dan kinerja SDM yang kurang profesional dalam pelayanan. Adapun upaya-upayanya yaitu Jika terjadi pemadaman listrik harus menerbitkan tanda terima SPT secara manual atau dengan alternatif lain yaitu menggunakan generator, apabila terjadi aplikasi error maka harus dilakukan penanganan langsung dengan bantuan teknisi yang ahli dalam bidang komputer.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Government Finance
ID Code:27081
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Apr 2011 15:15
Last Modified:28 Apr 2011 15:15

Repository Staff Only: item control page