MEKANISME PEMUNGUTAN DAN PENGAWASAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA PADA KANTOR UP3AD KABUPATEN KENDAL TAHUN 2006-2008

Jazilah, Luluk (2010) MEKANISME PEMUNGUTAN DAN PENGAWASAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA PADA KANTOR UP3AD KABUPATEN KENDAL TAHUN 2006-2008. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Program D III Keuangan Daerah) - Submitted Version
53Kb

Abstract

Salah satu sumber pembiayaan yang utama bagi pembangunan khusus di daerah adalah penerimaan yang berasal dari pendapatan asli daerah (PAD), pendapatan asli daerah diantaranya adalah pajak, retribusi, dan PAD yang disahkan. Salah satu instansi yang diberi kewenangan untuk melayani masyarakat dibidang pajak kendaraan bermotor adalah kantor unit pelayanan pendapatan dan pemberdayaan asset daerah (UP3AD). Kantor UP3AD berusaha sebaik mumgkin, agar masyarakat tidak merasa kecewa dengan pelayanan yg diberikan oleh kantor UP3AD. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : mekanisme pemungutan pajak kendaraan bermotor yang dilakukan di kantor UP3AD di bawah seksi PKB dan BBN-KB beerjalan dengan lancar, pengawasan yang diberikan dinas pendapatan dan pengelolaan asset daerah (DPPAD) untuk pegawai UP3AD meliputi pembinaan dan evaluasi yang dilaksanakan tiap tahun berjalan secara berkelanjutan, begitu juga dengan pengawasan yang diperuntukan untuk POLRI. Berdasarkan data yang didapat dari kantor UP3AD Kab. Kendal adalah wajib pajak (pemilik kendaraan bermotor) mengalami peningkatan setiap tahun, hal ini tentunya mempengaruhi jumlah penerimaan PKB yang masuk. Sehingga diperoleh realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor dari tahun 2006-2008 baik dari kendaraan roda 2 maupun kendaraan bermotor secara keseluruhan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Government Finance
ID Code:27067
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:28 Apr 2011 09:51
Last Modified:28 Apr 2011 09:51

Repository Staff Only: item control page