STRATEGI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB) DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH (STUDI KASUS PILKADA KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2011)

Satata, Wasis (2011) STRATEGI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB) DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH (STUDI KASUS PILKADA KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2011). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
73Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan strategi politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Kabupaten Grobogan tahun 2011. Disamping itu untuk memberikan bahan referensi bagi studi kepartaian dari sisi strategi partai politik. Model penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, penggambaran apa adanya di lapangan penelitian melalui teknik pengamatan berperan serta (observation participant) yang menyajikan fakta-fakta yang ditemukan, secara komprehensif melalui analisa-analisa yang mendalam. Pendekatan inkuiri alamiah dipakai karena berusaha menyimpang (bias) dari campur tangan peneliti terhadap situasi aslinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKB dalam menyeleksi bakal calon peserta pilkada meminta pendapat dari Kyai, tetapi keputusan final tetap pada rapat internal partai. Strategi politik yang ditempuh PKB memfokuskan pada: personal capability, koalisi dan pemetaan wilayah yang diwujudkan dengan sosialisasi dan konsolidasi. Strategi tersebut relevan diterapkan, tetapi dengan kurangnya dana dan masyarakat yang pragmatis menjadi penyebab kekalahan calon yang di usung PKB. Disarankan untuk DPC PKB di masa yang akan datang untuk melakukan pemetaan wilayah politik yang integral, membangun pendanaan partai yang tangguh dan yang paling penting adalah pendidikan politik bagi masyarakat. Kata kunci : Partai Kebangkitan Bangsa, Pilkada, Strategi Politik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:27062
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Apr 2011 09:28
Last Modified:28 Apr 2011 09:28

Repository Staff Only: item control page