EVALUASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN DI KELURAHAN MIROTO KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG TAHUN 2008-2009

Purnomo, Wahyu Tri (2010) EVALUASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN DI KELURAHAN MIROTO KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG TAHUN 2008-2009. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
61Kb

Abstract

Penelitian ini adalah mengevaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MP) di Kelurahan Miroto Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun 2008 – 2009, sehingga dapat diketahui hambatan-hambatan dan upaya-upaya dalam penyelesaiannya. Penelitian ini menggunakan tipe dekritif evalutif karena berkaitan dengan tujuan dari penelitian yaitu ingin mengevaluasi pelaksanaan PNPM MP di Kelurahan Miroto Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun 2008-2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Miroto meliputi tiga kegiatan, yaitu: 1. Kegiatan sosial yaitu pemberian sarana penunjang pendidikan bagi anak usia sekolah dan penyuluhan gizi dan bahaya penyakit menular, dan bantuan bagi warga miskin. 2. Kegiatan ekonomi yaitu kegiatan bantuan kredit atau pinjaman modal usaha yang diberikan pada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) setempat untuk memajukan usahanya. 3. Kegiatan fisik yaitu pemeliharaan, perbaikan, maupun pembangunan baru sarana dan prasarana dasar lingkungan yang dibutuhkan oleh masyarakat kelurahan setempat. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam PNPM di Kelurahan Miroto yaitu keterlambatan pencairan dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sehingga dalam pelaksanaan kegiatan terkesan buru-buru, dan pada kegiatan ekonomi juga masih banyak masyarakat yang kurang lancar dalam proses pengembalian pinjaman bergulir dan kurangnya koordinasi yang dilakukan oleh para pelaksana kegiatan PNPM. Upaya-upaya yang dilakukan untuk menghadapi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan PNPM di Kelurahan Miroto yaitu melaksanakan kegiatan setelah dana BLM dapat dicairkan dan pada kegiatan ekonomi para pelaksana kegiatan PNPM melakukan penagihan dan sosialisasi, pengertian kembali tentang dana pinjaman bergulir tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:27058
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:27 Apr 2011 09:08
Last Modified:27 Apr 2011 09:08

Repository Staff Only: item control page