ANALISIS KEMENANGAN DRS. CORNELIS, MH DAN DRS. CHRISTIANDY SANJAYA SH., MM DALAM PILKADA GUBERNUR KALIMANTAN BARAT TAHUN 2007

Maulidiya, Tisca (2010) ANALISIS KEMENANGAN DRS. CORNELIS, MH DAN DRS. CHRISTIANDY SANJAYA SH., MM DALAM PILKADA GUBERNUR KALIMANTAN BARAT TAHUN 2007. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
63Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukenali keberhasilan strategi dan penanganan segmentasi pemilih yang di lakukan oleh pasangan Cornelis-Christiandy Sanjaya beserta Tim Suksesnya dalam menarik simpati masyarakat Kalimantan Barat. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif bertipe deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan beberapa mantan Tim Sukses pasangan Cornelis-Christiandy Sanjaya, fungsionaris PDI-Perjuangan sebagai partai pendukung, tokoh masyarakat beserta tokoh agama dan dengan beberapa masyarakat pemilih yang di ambil berdasarkan suku dan etnis yang ada di Kalimantan Barat. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kemenangan pasangan Cornelis dan Christiandy Sanjaya dalam Pilkada Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2007 disebabkan oleh pemilih tradisional yang ada di Kalimantan Barat, khususnya pemilih tradisional yang berasal dari suku Dayak yang merupakan suku asli Kalimantan Barat. Corenelis merupakan satu-satunya kandidat calon Gubernur yang berasal dari suku Dayak. Selain itu kemengan pasangan Cornelis-Christiandy Sanjaya juga ditentukan oleh efektifitas penerapan Political Marketing yang mencakup strategi berkampanye dan cara menarik simpati terhadap masing-masing segmen yang ada, mengingat bahwa pemilih yang ada di Kalimantan Barat merupakan pemilih yang tradisional.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:27056
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:27 Apr 2011 08:48
Last Modified:27 Apr 2011 08:48

Repository Staff Only: item control page