KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON ANGGOTA LEGISLATIF YANG EFEKTIF (STUDI KETERPILIHAN "MUL BUDI SANTOSO" SEBAGAI ANGGOTA LEGISLATIF KABUPATEN MAGELANG PADA PEMILU LEGISLATIF 2009)

Suswindarto, Suswindarto (2010) KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON ANGGOTA LEGISLATIF YANG EFEKTIF (STUDI KETERPILIHAN "MUL BUDI SANTOSO" SEBAGAI ANGGOTA LEGISLATIF KABUPATEN MAGELANG PADA PEMILU LEGISLATIF 2009). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
68Kb

Abstract

Merujuk pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang telah membatalkan Pasal 214 UU Nomor 10 Tahun 2008 dan memutuskan penetapan calon anggota legislatif terpilih yang berdasarkan suara terbanyak, maka hal ini memilki dampak terhadap strategi yang digunakan tiap calon anggota legislatif dalam upaya menjadi anggota dewan. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh Mul Budi Santoso yang merupakan muka baru calon anggota legislatif dari PDIP Dapil VI Kabupaten Magelang, yang mampu meraih suara terbanyak dari seluruh caleg yang memperebutkan kursi legislatif Kabupaten Magelang tahun 2009. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif, dengan metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam kepada informan (key person) yaitu Mul Budi Santoso, dan sejumlah tim suksesnya mengenai strategi yang digunakan dalam upaya meraih suara sebanyak-banyaknya dari masyarakat Dapil VI Kabupaten Magelang. Hal ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi permasalahan yang sudah dirumuskan sehingga dicapai tujuan dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum pemilu dan kampanye, Mul Budi Santoso mampu membangun citra dirinya sebagai figur yang menjadi wakil masyarakat Kecamatan Ngablak. Sehingga ‘wakil’ menjadi positioning sekaligus brand image Mul Budi Santoso yang melekat di benak masyarakat Kecamatan Ngablak. Selain itu, strategi komunikasi interpersonal yang dijalankan Mul Budi Santoso kepada masyarakat/kelompok masyarakat serta strategi pembelian suara (buying voter) berupa sumbangan ke masyarakat/kelompok masyarakat merupakan strategi yang efektif dalam mencari dukungan suara dari masyarakat Dapil VI Kabupaten Magelang pada pemilu legislatif 2009.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:27050
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:27 Apr 2011 08:24
Last Modified:27 Apr 2011 08:24

Repository Staff Only: item control page