KEGAGALAN PARTAI KEADILAN SEJAHTERA MEMPENGARUHI MASYARAKAT DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2009 DI KABUPATEN GROBOGAN (STUDI ANALISA DATA SUARA DI KPUD KABUPATEN GROBOGAN)

Nugroho, Sigit (2011) KEGAGALAN PARTAI KEADILAN SEJAHTERA MEMPENGARUHI MASYARAKAT DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2009 DI KABUPATEN GROBOGAN (STUDI ANALISA DATA SUARA DI KPUD KABUPATEN GROBOGAN). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
60Kb

Abstract

Partai Keadilan Sejahtera adalah salah satu partai Islam di Indonesia. Memiliki basis yang berada dari kalangan masyarakat terpelajar. Mereka adalah orang-orang yang berilmu. Mereka yakin derajatnya akan lebih tinggi dari pada yang tidak berilmu. Namun kenyataan di Indonesia berbeda jauh dengan harapan mereka. Masyarakat Indonesia masih mengandalkan uang dan balas jasa. Suara masyarakat terpelajar sama dengan suara tukang becak. Bahkan jika tukang becaknya memiliki relasi yang luas bisa-bisa suara profesor bobotnya berbeda. Sama-sama bernilai satu tetapi jika satu plus artinya partisan yang dipengaruhi bisa mempengaruhi orang lain juga. Sedangkan profesor hanya berkumpul dengan orang-orang yang kritis maka mereka akan banyak yang tidak sependapat dengan sang profesor. Dari gambaran diatas maka bisa diambil hikmah bahwa tidak selamanya menjamin kelompok yang memiliki pendidikan tinggi akan terus menjadi pemenang. Yang menentukan kemenangan di era demokrasi adalah rakyat. Jadi jika PKS ingin menjadi pemenang maka dekatlah dengan rakyat. Jika PKS bertekat untuk merah kemenangan maka ia harus dekat dengan rakyat yang sebagian besar berada di pedesaan. Meskipun tidak bisa di bantah bahwa basis PKS berada di kota naumun PKS harus tetap melebarkan sayap basisnya di desa. Kata kunci: masyarakat terpelajar, basis massa, kota.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:27041
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:26 Apr 2011 13:52
Last Modified:26 Apr 2011 13:53

Repository Staff Only: item control page