ANALISIS ALOKASI ANGGARAN PENDIDIKAN DALAM ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) TAHUN 2009 DAN 2010 KOTA PEKALONGAN

Rahman, Riza Aulia (2011) ANALISIS ALOKASI ANGGARAN PENDIDIKAN DALAM ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) TAHUN 2009 DAN 2010 KOTA PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
54Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan mengenai alokasi anggaran pendidikan dalam APBD Kota Pekalongan antara tahun 2009-2010. Penelitian ini dilatar belakangi oleh amanat perundang-undangan Republik Indonesia mengamanatkan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% selain gaji pegawai. Indikasi penurunan alokasi anggaran pendidikan antara tahun 2009-2010 yang terjadi, semakin memperkecil pemenuhan alokasi anggaran mencapai 20%. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penurunan alokasi anggaran pendidikan antara tahun 2009-2010. Guna menjelaskan penelitian ini metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara kepada sumber data primer dalam hal ini Walikota Pekalongan, Anggota DPRD Kota Pekalongan, LSM Pattiro, masyarakat dan jajaran birokrasi yang berkaitan dengan pengalokasian anggaran pendidikan. Mengenai data sekunder didapat dari data pendukung mengenai alokasi anggaran pendidikan Kota Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi penurunan alokasi anggaran pendidikan antara tahun 2009-2010. Indikasi penurunan tersebut diakibatkan antara lain karena bantuan dana dari pemerintah pusat yang menurun, kemudian kebutuhan biaya pegawai yang setiap tahun naik besarannya. Kenaikan PAD Kota Pekalongan belum terlalu berdampak signifikan terhadap alokasi anggaran pendidikan. Ketergantungan Pemerintah Kota Pekalongan terhadap dana bantuan dari Pemerintah sangat menghambat kemandirian dan pembangunan pendidikan. Rekomendasi terhadap penelitian mendatang adalah meningkatkan kemandirian Kota Pekalongan mengenai dana alokasi untuk pembangunan daerah khususnya pembangunan pendidikan yang berpihak kepada masyarakat miskin untuk mendapatkan pendidikan yang murah hingga gratis. Kata Kunci : alokasi anggaran pendidikan, program pendidikan yang berpihak masyarakat miskin, dan kemandirian Kota Pekalongan terhadap pembangunan pendidikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:27023
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:26 Apr 2011 11:43
Last Modified:26 Apr 2011 11:43

Repository Staff Only: item control page