STRATEGI MERAIH SUARA DENGAN BPP DALAM PEMILU LEGISLATIF 2009 (STUDI KASUS KEBERHASILAN NOVITA WIJAYANTI, CALEG DPRD PROVINSI JAWA TENGAH DARI PDI P, DI DAPIL VIII BANYUMAS DAN CILACAP MERAIH KURSI DENGAN BPP PADA PEMILU LEGISLATIF 2009

Agustian, Fiori (2010) STRATEGI MERAIH SUARA DENGAN BPP DALAM PEMILU LEGISLATIF 2009 (STUDI KASUS KEBERHASILAN NOVITA WIJAYANTI, CALEG DPRD PROVINSI JAWA TENGAH DARI PDI P, DI DAPIL VIII BANYUMAS DAN CILACAP MERAIH KURSI DENGAN BPP PADA PEMILU LEGISLATIF 2009. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
66Kb

Abstract

Pemilu pada tahun 2009 ini khususnya pemilu legisltif, sangat berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang dilaksanakan di Indonesia. Novita Wijayanti merupakan salah satu incumbent yang kembali ikut bersaing dalam pemilu legislatif 2009. Pada pemilu sebelumnya tahun 2004, Novita hanya memperoleh suara 65 020 suara. Sedangkan pada Pemilu 2009, Novita Wijanti menjadi satu-satunya caleg yang mampu meraih suara melewati BPP dengan perolehan suara, 171 914 suara (BPP untuk Daerah Pemilihan VIII Jateng adalah 159 932 suara). Upaya yang diperlukan untuk meraih kursi legislatif dengan BPP tidaklah mudah. Mereka harus bersaing dengan sesama calon dari satu partai dan calon dari partai politik lain pada masing-masing DP. Oleh karna itu, diperlukan Strategi yang tepat untuk dapat mempengaruhi pemilih dalam memilih caleg pada saat pemilihan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan Novita tidak terlepas dari faktor-faktor utama yang dimilikinya khususnya ikatan ideologis yang sangat tinggi, sehingga memiliki keunggulan dibandingkan caleg lainnya. Bahkan faktor-faktor tersebut menjadi lebih dominan memberikan dampak terhadap peningkatan suara yang diraih oleh Novita pada pemilu Legislatif 2009. Saran yang diberikan adalah, faktor ideologis dan lokalitas calon sangat menentukan dalam meraih suara melebihi BPP pada Pemilu. Kata Kunci : BPP sebagai sistem baru, strategi, ikatan ideologis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:26995
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:25 Apr 2011 13:46
Last Modified:25 Apr 2011 13:46

Repository Staff Only: item control page