Pelayanan PDAM Way Rilau Berdasarkan Pendapat Pelanggan di Kota Bandar Lampung

Apriadi, . and Asnawi, . and Kusumodewi, Diah Intan (2008) Pelayanan PDAM Way Rilau Berdasarkan Pendapat Pelanggan di Kota Bandar Lampung. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 4 (2). p. 157. ISSN 1858-3903

[img]
Preview
PDF - Published Version
74Kb

Official URL: http://www.mpwk.undip.ac.id

Abstract

PDAM Way Rilau menghadapi beberapa masalah dalam melayani konsumen, yaitu: 1) tingginya kehilangan air sebesar 41,81%; 2) besarnya hutang sebesar Rp. 52,3 Milyar; 3) rendahnya cakupan pelayanan, yaitu 23,58%, dan 4) banyaknya keluhan masyarakat terhadap pelayanan PDAM. Berdasarkan hal itu, akan dilakukan pengukuran pelayanan PDAM berdasarkan pendapat pelanggan. Metode analisis yang digunakan yakni analisis kuantitatif menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang untuk mengetahui pendapat pelanggan, serta korelasi untuk mengetahui karakteristik pelanggan terhadap pendapatnya. Analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui permasalahan di PDAM. Sampel yang diambil sebanyak 75 responden dan tersebar di 7 zona pelayanan.

Item Type:Article
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:26860
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Apr 2011 15:25
Last Modified:20 Apr 2011 11:29

Repository Staff Only: item control page