STUDI EVALUASI PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) DI KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG TAHUN 2008 – 2009

Hudaya , Affan (2010) STUDI EVALUASI PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) DI KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG TAHUN 2008 – 2009. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
65Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan tentang pelaksanaan Program Usahaa Peningkatan Pendapatan keluarga Sejahtera (UPPKS) di Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang yang dilaksanakan peda tahun 2008-2009. Dalam pelaksanaanya Program UPPKS ini menitikberatkan pada pemberdayaan ekonomi keluarga guna mendukung program pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Untuk memperoleh data maka penulis melakukan wawancara dengan sejumlah pejabat dan pegawai Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB selaku penanggungjawab utama dalam pelaksanaan program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera di Kecamatan Gajahmungkur dan masyarakat penerima program, dimana dalam hal ini jumlah responden tidak ditentukan terlebih dahulu. Dalam penelitian ini, data yang akan didapatkan berupa data kualitatif dan juga kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sisi pelaksanaan Program UPPKS di Kecamatan Gajahmungkur sudah cukup baik, namun inti dari permasalahan program ini sendiri yaitu peningkatan ekonomi keluarga kurang berhasil. Sedangkan permasalahan yang menghambat yang dihadapi oleh kelompok UPPKS ini dalam menjaga keberlanjutan program ini diantaranya adalah: modal relatif kecil, kurangnya kegiatan pelatihan untuk teknologi tepat guna, dan pemasaran produk sebagian besar lokal sehingga tidak lancar, bahkan sebagian besar macet. Dari hasil analisa diatas, saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya perbaikan-perbaikan yang dilakuan pada program-program pendukung UPPKS. Disamping itu monitoring dan evaluasi semestinya dilakukan secara periodik sehingga kekurangan-kekurangan/kelemahan program dapat dicarikan pemecahannya agar pelaksanaan Program UPPKS dapat berjalan optimal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:26789
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:13 Apr 2011 11:38
Last Modified:13 Apr 2011 11:38

Repository Staff Only: item control page