SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT DI SEMARANG

ASTRID PUSPITASARI, IDA (2010) SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik .

[img]
Preview
PDF - Published Version
81Kb

Abstract

Pendidikan dan kemanusiaan adalah dua entitas yang saling berkaitan, pendidikan selalu berhubungan dengan tema – tema kemanusiaan. Artinya pendidikan diselenggarakan dalam rangka memberikan peluang bagi pengakuan derajat kemanusiaan. Berdasarkan fungsi dan tujuan tersebut maka setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan. Seperti tertuang dalam UU RI no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 5 ayat 1 bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Hal ini berarti suatu satuan pendidikan yang diselenggarakan tidak membedakan jenis kelamin, suku , ras dan kedudukan sosial serta tingkat kemampuan ekonomi, dan tidak terkecuali juga kepada para penyandang cacat. Khusus bagi para penyandang cacat disebutkan dalam UU RI Nomor 20 tahun 2003 pasal 5 ayat 2 bahwa warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus. Pendidikan khusu yang dimaksud adalah pendidikan luar biasa. Pendidikan luar biasa seperti yang termuat dalam PP no 72 tahun 1991 adalah pendidikan yang khusus diselenggarakan bagi peserta didik yang menyandang kelainan fisik ataupun kelainan mental. Pendidikan luar biasa bertujuan membantu pesrta didik yang menyandang kelainan fisik ataupun kelainan mental agar mampu mengembangkan sikap, pengetahuan dan ketrampilan sebagai pribadi ataupun anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar, serta dapat mengembangkan kemampuan dalam dunia kerja atau mengikuti pendidikan lanjutan . Pendidikan luar biasa diberikan kepada warga negara yang memiliki kelainan fisik ataupun kelainan mental agat nantinya bisa kembali bersosialisasi ke masyarakat secara normal. Namun dalam kenyataannnya presentase anak cacat yang mendapatkan layanan pendidikan jumlahnya sangat sedikit. Menurut data statistik dari BPS Kota Semarang tahun 2006, Kota Semarang adalah salah satu kota di Propinsi Jawa Tengah terdapat penderita cacat dengan jumlah mencapai 1257 orang dan terus meningkat. Dari jumlah tersebut 25 persennya adalah penderita tuna rungu dan 75 persen menderita cacat fisik. Dari jumlah tersebut hanya 538 penyandang cacat yang sudah tertampung di sekolah luar biasa dan yayasan pembinaan anak cacat, selain itu jumlah Sekolah yang menyelenggaran pendidikan luar biasa di kota Semarang masih kurang dalam hal fasilitasnya dan belum menggunakan alat-alat modern. Maka diperlukan suatu upaya untuk memenuhi kebutuhan bagi para penyandang cacat fisik dan tuna rungu untuk mendapatkan pendidikan yang layak dalam hal ini fasilitas pendidikan yang lengkap dengan fasilitas-fasilitas penunjang yang sesuai dengan pedoman dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Depdiknas, selain itu juga mengugunakan alat-alat modern dan tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya Alasan utama dari pengaambilan judul ini adalah karena SLB YPAC yang sudah ada di Semarang sudah tidak sesuai sebagai fasilitas pendidikan, dikarenakan masih kurangnya pelatihan serta terapi bagi anak – anak penyandang cacat, selain itu YPAC yang ada sekarang ini hanya dikhususkan bagi anak – anak penderita tuna grahita dan tuna daksa saja, sehingga bagi anak – anak cacat lainnya seperti tuna netra dan tuna rungu tidak dapat mengenyam pendidikan disini, akan tetapi keberadaan SLB YPAC yang terletak di Jl. KHA. Dahlan No 4 ini tidak dapat di redesain, sebab lokasinya yang berdekatan dengan kawasan bisnis di kota Semarang, dan juga sering terjdi banjir. Sehingga untuk itu perlu adanya sebuah sekolah luar biasa di bawah yayasan pembinaan anak cacat yang baru, dengan berbagai fasilitas lengkap, dan tidak hanya untuk anak – anak penderita tuna daksa dan tuna grahita saja, melainkan bagi anak- anak penderita tuna netra dan tuna rungu juga, selain itu juga lokasinya harus disesuaikan dengan kawasan pendidikan dan mudah di akses jalannya. Salah satu upaya perbaikan kesadaran akan pentingnya pendidikan luar biasa bagi penderita ketunaan adalah melalui sekolah yayasan pembinaan anak cacat yang mewadahi berbagi ketunaan. Yayasan Pembinaan Anak Cacat sebagai Pusat Rehabilitasi Anak dengan fasilitas Medis, Terapy, Pendidikan juga Asrama. 1.2. TUJUAN DAN SASARAN 1. 2. 1 Tujuan Merumuskan program dasar perencanaan dan perancangan yang berhubungan dengan aspek-aspek perancangan dan perencanaan Sekolah Luar biasa yayasan pembinaan anak cacat (SLB YPAC) di Semarang sebagai bangunan fasilitas pendidikan khusus bagi anak – anak berkebutuhan khusus, seperti tuna netra, tuna rungu, tuna grahita dan tuna daksa, untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar dan pendidikan, sehingga tersusun langkah-langkah untuk dapat melanjutkan kedalam perancangan grafis. 1. 2. 2 Sasaran Tersusunnya usulan langkah-langkah pokok proses (dasar) perencanaan dan perancanganSekolah Luar Biasa Yayasan pembinaan anak cacat di Semarang melalui aspek-aspek panduan perancangan (design guide lines aspect) dan alur pikir proses penyusunan LP3A dan Desain Grafis yang akan dikerjakan. 1.3. MANFAAT PEMBAHASAN 1.3.1 Secara Subyektif Sebagai pemenuhan syarat tugas akhir Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang nantinya digunakan sebagai pegangan dan pedoman dalam perancangan sekolah Luar Biasa Yayasan Pembinaan Anak Cacat ( SLB YPAC). 1.3.2 Secara Obyektif Perencanaan dan perancangan SLB YPAC ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi penataan dan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan bagi anak – anak berkebutuhan khusus. 1. 1. LINGKUP PEMBAHASAN 1. 4. 1 Ruang Lingkup Substansial Merencanakan dan merancang Sekolah Luar Biasa YPAC di Semarang yang termasuk dalam kategori bangunan berserta dengan perancangan tapak lingkungan sekitarnya. Lingkup pembahasan dibatasi pada permasalahan yang berkaitan dengan disiplin ilmu arsitektur. 1. 4. 2 Ruang Lingkup Spasial Meliputi aspek kontekstual tapak dengan memperhatikan potensi, kendala dan prospek Yayasan pembinaan anak cacat terpadu di Semarang. 1.1 Metode Pembahasan Metode pembahasan yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu dengan mengadakan pengumpulan data primer dan sekunder untuk kemudian dianalisa untuk memperoleh dasar-dasar program perencanaan dan perancangan. Langkah-langkah pengumpulan data dilakukan dengan cara : 1.5.1 Data Primer Data primer didapatkan melalui wawancara dan observasi lapangan (studi banding). a. Wawancara Yaitu mencari informasi dari nara sumber dan pihak-pihak yang terkait mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan perancangan. b. Observasi Lapangan Yaitu dengan studi banding SLB YPAC yang terletak di Jl. KHA. Dahlan No. 4 . Kegiatan studi banding dilakukan dengan mencari data dan informasi mengenai jumlah murid, sarana dan prsarana, fasilitas pelatihan dan terapi, kriteria pemilihan lokasi, massa bangunan/site existing, dan kegiatan, struktur kelembagaan personil, peralatan/perabotan dan dimensi, bahan bangunan, sistem utilitas, struktur dan bentuk bangunan serta tata ruang dalam dan ruang luar bangunan. 1.5.2 Data Sekunder Data sekunder didapatkan melalui studi literatur dan referensi yang berkaitan dengan perancangan bangunan hunian sementara bagi tamu Universitas Diponegoro. a. Studi Literatur Literatur yang digunakan dalam proses ini berasal dari buku-buku pedoman serta browsing materi-materi dari internet yang berkaitan dengan perencanaan dan perancangan desain Sekolah Luar Biasa Yayasan Pembinaan Anak Cacat. b. Referensi Referensi didapat dari pengumpulan data, peta dan peraturan dari instansi terkait. Data primer dari hasil wawancara dan observasi lapangan serta data sekunder dari studi literatur yang telah diperoleh kemudian dianalisa secara kualitatif yaitu menganalisa terhadap aspek pelaku kegiatan, kebutuhan ruang, penataan ruang dan sirkulasi dan dianalisa secara kuantitatif yaitu menganalisa terhadap kapasitas ruang dan besaran ruang serta pendekatan mengenai lokasi dan tapak. Setelah dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif kemudian ditarik kesimpulan sebagai dasar perencanaan dan perancangan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:26550
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Apr 2011 10:36
Last Modified:01 Apr 2011 10:36

Repository Staff Only: item control page