APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK SIMULASI DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAWANG MERAH DAN CABAI MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING DAN PENDEKATAN BERBASIS ATURAN

Ginanjar, Wiro Sasmito and Bayu, Surarso and Aris, Sugiharto (2011) APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK SIMULASI DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAWANG MERAH DAN CABAI MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING DAN PENDEKATAN BERBASIS ATURAN. Masters thesis, Master of Information System.

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
386Kb

Official URL: http://www.msi.undip.ac.id

Abstract

Salah satu kendala melakukan budidaya tanaman bawang merah dan cabai adalah dalam mengatasi hama dan penyakit. Serangan hama dan penyakit dapat menurunkan produktivitas dan bahkan menyebabkan gagal panen yang berpengaruh terhadap salah satu sumber devisa negara. Oleh karena itu pendiagnosaan terhadap hama dan penyakit harus dilakukan dengan cepat dan akurat. Sistem pakar dihadirkan sebagai pilihan kedua setelah pakar dalam melakukan konsultasi. Dengan menggunakan metode Expert System Development Life Cycle (ESDLC), aplikasi sistem pakar forward chaining dan pendekatan berbasis aturan simulasi diagnosa hama dan penyakit yang dapat memberikan solusi berdasarkan gejala-gejala yang ada, dilengkapi dengan keterangan dan gambar dibuat guna mempercepat pendiagnosaan. Berdasarkan evaluasi sistem pada tahap verifikasi kinerja sistem, aplikasi sistem pakar simulasi pendiagnosis hama dan penyakit tanaman bawang merah dan cabai yang menggunakan forward chaining dan pendekatan berbasis aturan juga dapat dijadikan sebagai sistem pembelajaran kepada petani tentang hama dan penyakit tanaman bawang merah dan cabai. Kata kunci : sistem pakar, forward chaining, pendekatan berbasis aturan, ESDLC, hama dan penyakit tanaman bawang merah dan cabai.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Information System
ID Code:26470
Deposited By:Mr Musa MSI
Deposited On:29 Mar 2011 11:00
Last Modified:29 Mar 2011 11:00

Repository Staff Only: item control page