ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN ASSET, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus Perusahaan Realestate and Property Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2005-2009)

KUSUMANINGRUM, Eka Amelia and MAWARDI, Wisnu (2011) ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN ASSET, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus Perusahaan Realestate and Property Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2005-2009). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
241Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilits, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal perusahaan realestate and property yang terdaftar pada BEI periode tahun 2005-2009. Struktur modal menunjukkan seberapa besar utang maupun modal sendiri yang digunakan sebagai sumber pendanaan perusahaan. Apabila dikaitkan dengan masalah penentuan sumbersumber dana yang akan digunakan, serta berapa besarnya proporsi masing-masing sumber dana tersebut, maka perusahaan akan menganalisis sejumlah faktor untuk kemudian menetapkan struktur modal yang ditargetkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling untuk mendapatkan sampel yang reprensentatif sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Jumlah sampel yang didapat adalah sebanyak 16 perusahaan realestate and property dengan periode penelitian 2005-2009. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji regresi berganda dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode penelitian mulai tahun 2005 hingga tahun 2009 secara parsial variabel profitabilitas dan pertumbuhan asset terbukti berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, sedangkan variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Hasil dari koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh negatif terhadap struktur modal, sedangkan variabel pertumbuhan asset mempunyai pengaruh positif terhadap struktur modal. Koefisien determinasi dari model regresi yang diperoleh adalah sebesar 0,131 atau 13,1 persen. Hal ini menunjukkan bahwa 13,1 persen variabel dependen yaitu struktur modal dapat dijelaskan oleh tiga variabel independen yaitu profitabilitas, pertumbuhan asset, dan ukuran perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 86,9 persen dijelaskan oleh variabel atau sebab lain diluar model.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Additional Information:Struktur Modal, Profitabilitas, Pertumbuhan Asset, Ukuran Perusahaan
Uncontrolled Keywords:Struktur Modal, Profitabilitas, Pertumbuhan Asset, Ukuran Perusahaan
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Management
ID Code:26377
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:22 Mar 2011 13:30
Last Modified:22 Mar 2011 13:30

Repository Staff Only: item control page