MODIFIKASI RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR MENGGUNAKAN TURBIN AIR PELTON ( MODIFIED DESIGN OF THE HYDROELECTRIC GENERATOR USED THE PELTON WATER TURBINE )

Alfri, Novaris and Kurnia, Budi S and Seno, Darmanto (2010) MODIFIKASI RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR MENGGUNAKAN TURBIN AIR PELTON ( MODIFIED DESIGN OF THE HYDROELECTRIC GENERATOR USED THE PELTON WATER TURBINE ). Undergraduate thesis, DIII Teknik Mesin Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
297Kb

Abstract

Turbin Pelton adalah turbin reaksi di mana pancaran air menumbuk roda yang terdapat sejumlah mangkok atau sudu - sudu. Pancaran air keluar dari nozzle dengan valve untuk mengatur aliran air. Nozzel turbin berada searah dengan piringan ranner. Air yang memutar sudu akan diteruskan menuju transmisi. Dari transmisi kemudian diteruskan menuju alternator DC. Dari alternator DC inilah akan dihasilkan energi listrik. Sudu yang digunakan mempunyai ukuran lebar 2,4cm, tinggi sudu 2,2cm dan kedalaman sudu 0,7cm dengan jumlah sudu 12 buah. Poros turbin berdiameter 2 cm dengan panjang 50 cm. Sedangkan perbandingan pulli alternator dengan pulli turbin adalah 1 : 2. Turbin air ini dapat berputar pada 351,4 rpm dengan debit 1 liter/s dan daya yang dihasilkan 24 watt. Dengan demikian terdapat perbedaan antara daya teoritis dengan daya sebenarnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
ID Code:26342
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Mar 2011 10:10
Last Modified:15 Mar 2011 10:10

Repository Staff Only: item control page