RANCANG BANGUN DAN INSTALASI SISTEM KONTROL BOILER KAPASITAS 155 KG / JAM DENGAN TEKANAN KERJA 3 BAR ( DESIGN & INSTALLATION OF BOILER CONTROL SYSTEM CAPACITY 155 KG / HOUR WITH WORK PRESSURE 3 BAR )

Johan, Felani and Mohammad, Arifin and Muhamad, Syahrudin and Muhammad, Arwani and Yulius, Widiardi P.W and Rahmat, Ari Basuki and Didik, Ariwibowo (2010) RANCANG BANGUN DAN INSTALASI SISTEM KONTROL BOILER KAPASITAS 155 KG / JAM DENGAN TEKANAN KERJA 3 BAR ( DESIGN & INSTALLATION OF BOILER CONTROL SYSTEM CAPACITY 155 KG / HOUR WITH WORK PRESSURE 3 BAR ). Undergraduate thesis, DIII Teknik Mesin Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
92Kb

Abstract

Pada Laboratorium Konversi Energi PSD III Teknik Mesin terdapat fasilitas unit boiler dengan tekanan kerja maksimal 3 bar sebagai hasil rancang bangun tahap I yang dilakukan oleh team mahasiswa terdahulu. Hasil rancang bangun tahap I tersebut belum dilengkapi dengan sistem kontrol. Oleh karena itu team penyusun tahap II bertugas untuk menyempurnakan hasil rekayasa tahap I dalam bentuk rancang bangun sistem kontrol. Untuk menyelesaikan tugas tersebut, digunakan beberapa pendekatan teori dan mengadopsi pengalaman praktis bidang otomasi dan ternyata mampu menghasilkan sistem kendali yang memenuhi persyaratan prosedur operasi dan keselamatan kerja . Dari hasil percobaan menunjukkan bahwa pengoperasian boiler menjadi lebih mudah dan aman, tekanan kerja dapat diset sesuai kehendak, air umpan dapat disuplai sesuai kebutuhan boiler oleh pompa air umpan secara otomatis dan manual. Level air yang abnormal dapat mematikan burner secara otomatis dan membunyikan alarm serta menyalakan lampu low water sebagai peringatan untuk operator. Bila terjadi kegagalan pengapian atau pembakaran (overload) maka lampu indikator overload pada panel box menyala. Pada saat kerja boiler abnormal dapat dilakukan langkah pengamanan dengan cara menekan tombol emergency stop untuk mematikan sistem kontrol pada boiler. Dari sampel percobaan yang telah dilakukan menggunakan sistem kontrol pada boiler diperoleh data p = 1,92 kg/cm2 pada suhu T = 160 oC, mbahan bakar = 11,93 kg/jam, muap = 119,23 kg/jam, huap = 2789,98 kj/kg, hair = 150,86 kj/kg dan nilai HHV (high heating value) = 44775 kj/kg. Sehingga didapat efisiensi boiler tersebut 58,90% untuk waktu pengoperasian boiler selama 1 menit setelah pembukaan katup steam pada tekanan kerja 2 kg/cm2. Kata kunci: boiler, sistem kontrol, efisiensi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
ID Code:26336
Deposited By:Mrs Wahyu D3 Teknik Mesin
Deposited On:10 Mar 2011 08:48
Last Modified:10 Mar 2011 08:48

Repository Staff Only: item control page