PERILAKU BIDAN DI DESA DALAM TATALAKSANA MALARIA PASCA PELATIHAN ASPEK KLINIS MALARIA (STUDI EVALUASI DI KABUPATEN SUMBA TIMUR)

ASTUTI, I GUSTI AYU PUTRI (2002) PERILAKU BIDAN DI DESA DALAM TATALAKSANA MALARIA PASCA PELATIHAN ASPEK KLINIS MALARIA (STUDI EVALUASI DI KABUPATEN SUMBA TIMUR). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Tenaga yang terlatih perlu mendapatkan pembimbingan untuk meningkatkan mutunya sehinga pengetahuan, ketrampialn dan kecakapan dapat tumbuh dan berkembang. Salah satu tenaga terlatih di jajaran Dinkes Kabupaten Sumba Timur adalah bidan di desa yang telah diberi pelatihan aspek klinis malaria. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi/gambaran tentang perilaku bidan di desa dalam Tatalaksana Malaria pasca pelatihan Aspek Klinis Malaria. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data melalui diskusi kelompok terarah, wawancara mendalam dan observasi kepada bidan di Desa sera wawancara mendalam kepada kepala puskesmas, pengeloal program P2 malaria Kabupaten, pelaksana program P2 Malaria puskesmas, tokoh masyarakat danpederita malaria. Analisa data menggunakan teknik analisa kualitatif dengan proses berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pendapat yang diberikan oleh bidan di desa dalam mengatasi malaria adalah dilakukan melalui pengobatan, penyemprotan, PSN, dan pemakaian kelambu. Dalam prakteknya bidan di desa melakukan penyuluhan kepada masyarakat berkaitan dengan malaria untuk meningkatkan peran serat masyarakat guna pemberantasan penyakit malaria. Dai hasil observasi diketahui bahwa tidak satu orangpun yang memberiakn informasi tentang efek samping obat malaria. Umur bidan di desa adalah antara 23-28 tahun dengan latar belakang pendidikan bidan melalui program A dan C. Berdasarkan masa kerjanya, bidan di desa memberikan pernyataan yang sama tentang sikap dan praktek dalam tatalaksana malaria. Masih ada pengetahuan bidan di desa tentang tatalaksana yang malaria belum sesuai dengan modul pelatihan, sikap dan praktek bidan di desa dalam tatalaksana malaraia cukup efektif dan baik. Kata Kunci: PERILAKU, BIDAN DI DESA, TATALAKSANA MALARIA, PENDIDIKAN , PELATIHAN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:26323
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:08 Mar 2011 14:21
Last Modified:08 Mar 2011 14:21

Repository Staff Only: item control page