PERAN KINERJA PERUSAHAAN DALAM MENENTUKAN PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL MAKROEKONOMI, RISIKO SISTEMATIS, DAN KEBIJAKAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

Sudiyatno, Bambang (2010) PERAN KINERJA PERUSAHAAN DALAM MENENTUKAN PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL MAKROEKONOMI, RISIKO SISTEMATIS, DAN KEBIJAKAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). PhD thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
4Mb

Abstract

Studi ini mencoba untuk menjawab beberapa pertanyaan sekitar faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan dan nilai perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Analisis dilakukan secara berjenjang dengan menempatkan risiko sistematis dan kinerja perusahaan sebagai variabel intervening. Tujuan penelitian ini secara spesifik adalah untuk menguji pengaruh berjenjang faktor fundamental makroekonomi dalam mempengaruhi kinerja perusahaan dan nilai perusahaan. Dasar teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah dua teori keuangan yang telah mapan, yaitu teori agensi dan teori struktur modal. Studi ini menggunakan sample perusahaan-perusahaan dalam industri manufaktur yang sahamnya aktif diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan merupakan panel data, yaitu data cross section dan data time series, periode 2004 sampai dengan 2006. Pengambilan sampel dengan purposive sampling, sedangkan teknik analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian Pertama: variabel-variabel makroekonomi (inflasi, kurs, tingkat bunga, dan pertumbuhan ekonomi) berpengaruh signifikan terhadap risiko sistematis. Sedangkan risiko sistematis berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, dan kinerja perusahaan bepengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kedua: variabel-variabel kebijakan perusahaan (insentif manajer dan leverage keuangan) berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, dan kinerja perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan capital expenditure berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan dan nilai perusahaan, dengan kata lain, capital expenditure pengaruhnya kecil terhadap kinerja perusahaan dan nilai perusahaan jika dibandingkan dengan insentif manajer dan leverage keuangan. Ketiga: temuan khusus dari penelitian ini adalah bahwa terjadi proses berjenjang dalam mempengaruhi nilai perusahaan, sehingga kinerja perusahaan berperan sebagai variabel intervening, yaitu variabel yang memediasi pengaruh variabel makroekonomi (kurs), risiko sistematis, dan kebijakan perusahaan

Item Type:Thesis (PhD)
Uncontrolled Keywords:Faktor fundamental makroekonomi, risiko sistematis, kebijakan perusahaan, kinerja perusahaan, dan nilai perusahaan.
Subjects:H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions:Postgraduate Program > Doctor Program in Economics
ID Code:26263
Deposited By:Mr. Doktor Ilmu Ekonomi Admin
Deposited On:21 Feb 2011 10:16
Last Modified:21 Feb 2011 10:16

Repository Staff Only: item control page