HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI ENERGI PROTEIN DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR TAQWIYATUL WATHON TAMBAK LOROK SEMARANG UTARA

Ari Wahyuni , Ari Wahyuni (2005) HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI ENERGI PROTEIN DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR TAQWIYATUL WATHON TAMBAK LOROK SEMARANG UTARA. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
36Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

122Kb

Abstract

Latar Belakang : Prestasi belajar merupakan gambaran keberhasilan murid dalam belajar, faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar adalah gangguan kesehatan yang secara langsung dapat mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar misalnya penyakit infeksi yang biasanya dapat menurunkan daya tahan tubuh dan menimbulkan rasa sakit dan rasa kurang nyaman sehingga dapat mengganggu proses belajar. Pada masa anak usia sekolah membutuhkan masukkan energi dan protein yang lebih besar. Zat gizi pada usia ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak, karena masih menjalani taraf perkembangan keterampilan dan proses intelektual. Tujuan : untuk menganalisa hubungan tingkat konsumsi energi protein dan status gizi dengan prestasi belajar anak sekolah dasar. Metode : Penelitian ini menggunakan metode Explanatory Research dengan menggunakan pendekatan Cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Desember 2004, termasuk disiplin Ilmu Gizi Masyarakat. Sampel penelitian 100 siswa SD Taqwiyatul Wathon (kelas IV 54 & V 56 siswa). Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Pengolahan data dengan menggunakan NUTRISOFT dan SPSS 11.00. Hasil : Menunjukkan tingkat konsumsi energi siswa berdasarkan angka kecukupan gizi sebanyak 24% siswa mengkonsumsi energi normal dan 45 % siswa mengkonsumsi energi diatas kebutuhan , sedangkan tingkat konsumsi protein siswa berdasarkan angka kecukupan gizi sebanyak 19 % siswa yang normal konsumsi proteinnya dan 49 % siswa yang konsumsi proteinnya diatas kebutuhan, 93 % siswa yang berstatus gizi normal dan 4 % siswa yang berstatus gizi gemuk , dan prestasi belajar kategori sedang 60 %. Berdasarkan uji Spearman tidak ada hubungan tingkat konsumsi energi dengan prestasi belajar (P = 0,961), tidak ada hubungan tingkat konsumsi protein dengan prestasi belajar (P = 0,504), ada hubungan status gizi dengan prestasi belajar (P = 0,00). Berdasarkan uji Regresi berganda ada ada hubungan tingkat konsumsi energi-protein dan status gizi dengan prestasi belajar (P = 0,00). Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan tingkat konsumsi energi-protein dan status gizi dengan prestasi belajar, maka peneliti menyarankan agar dilaksanakan program perbaikan gizi anak sekolah melalui program UKS dan PMTAS perlu ditingkatkan agar konsumsi energi-protein dan status gizi dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Protein, Status Gizi, Prestasi Belajar, Siswa
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26212
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:08 Feb 2011 12:06
Last Modified:08 Feb 2011 12:06

Repository Staff Only: item control page