HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN LAMA PERAWATAN PENDERITA DEMAM TYPHOID DI BADAN RUMAH SAKIT DAERAH KABUPATEN WONOSOBO

Natalia Hariyanti, Natalia Hariyanti (2005) HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN LAMA PERAWATAN PENDERITA DEMAM TYPHOID DI BADAN RUMAH SAKIT DAERAH KABUPATEN WONOSOBO. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
58Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

139Kb

Abstract

Latar Belakang: Terapi diet yang diberikan pada pasien demam Tifoid disesuaikan dengan keadaan penyakit, yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat kecukupan energi dan protein pasien. Tingkat kecukupan energi dan protein akan mempengaruhi status gizi pasien yang kemudian akan berpengaruh pada lama masa rawat di rumah sakit. Tujuan: Untuk menganalisa hubungan antara tingkat kecukupan energi dan protein dengan lama perawatan di Badan Rumah Sakit Daerah Kabupaten Wonosobo. Metode: Penelitian merupakan penelitian analitik observasional dengan metode pendekatan crossectional. Populasi penelitian adalah semua pasien rawat inap yang menderita demam tifoid di BRSD Kabupaten Wonosobo. Sampel adalah pasien yang berusia di atas dan sama dengan 18 tahun, dapat berkomunikasi, dan pulang atas persetujuan dokter. Sampel yang diperoleh berjumlah 16 orang. Tingkat kecukupan energi dan protein diperoleh dari perhitungan asupan energi dan protein yang berasal dari penimbangan dan recall 3 hari. Lama perawatan dilihat dari masa rawat di rumah sakit. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi product moment Pearson pada taraf signifikansi 95%. Hasil: Tingkat kecukupan energi rata – rata adalah 63,4 ± 14,37 % dengan niali terendah 44,4% dan yang tertinggi 94,5%. Tingkat kecukupan protein rata – rat adalah 99,9 ± 16,68% dengan nilai terendah 82,4% dan yang tertinggi 139,4% Tingkat kecukupan energi tidak berhubungan dengan lama perawatan ( r= 0,025, p = 0,926). Tingkat kecukupan protein tidak berhubungan dengan lama perawatan (r=-0,431, p=0,096). Simpulan: Tingkat kecukupan energi kurang dari kecukupan energi individu, tingkat kecukupan protein cukup baik dibanding dengan kebutuhan protein individu, dan tidak ada hubungan antara tingkat kecukupan energi dan protein dengan lama perawatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:tingkat kecukupan energi, tingkat kecukupan protein, lama perawatan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26207
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:08 Feb 2011 09:28
Last Modified:08 Feb 2011 09:28

Repository Staff Only: item control page