HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA GIZI BURUK DENGAN PRAKTEK IBU DALAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) MODISCO DI KABUPATEN SEMARANG

Amalia Wijayanti, Amalia Wijayanti (2005) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA GIZI BURUK DENGAN PRAKTEK IBU DALAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) MODISCO DI KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
92Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

174Kb

Abstract

Latar Belakang : Status gizi sesorang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang menjadi dasar pemenuhan tingkat kebutuhan seseorang, sedangkan faktor eksternal terdiri dari daya beli, pendidikan, pengetahuan, jumlah anggota keluarga.. Pengetahuan pada umumnya dapat membentuk sikap tertentu dalam diri seseorang dan mempengaruhi tindakan (praktek) sehari-hari. Sekalipun kurangnya daya beli merupakan halangan yang utama, tetapi kekurangan gizi akan bisa diatasi kalau seseorang tahu bagaimana seharusnya memanfaatkan segala sumber yang dimiliki. Peningkatan jumlah gizi buruk berkaitan dengan penurunan daya beli masyarakat merupakan salah satu akibat dari krisis ekonomi. Selain itu ketergantungan balita terhadap orang tua merupakan faktor yang perlu diperhatikan dalam upaya penanggulangan gizi buruk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu balita gizi buruk dengan praktek ibu dalam pemberian makanan tambahan pemulihan (PMT–P ) modisco. Metoda : Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah semua ibu yang mempunyai balita gizi buruk yang mendapatkan modisco di Kabupaten Semarang, yaitu berjumlah 392 orang. Sampel berjumlah 58 orang, diambil secara systematic random sampling. Uji statistik yang digunakan untuk melihat ada tidaknya hubungan masing-masing variabel dengan uji Spearman. Hasil : Ada hubungan yang signifikan (P<0,05) antara pengetahuan ibu tentang gizi dan PMT–P dengan praktek ibu balita gizi buruk dalam PMT–P modisco dengan nilai r = 0,333, ada hubungan yang signifikan (P<0,05) antara sikap ibu terhadap PMT-P modisco dengan praktek ibu dalam PMT-P modisco dengan nilai r = 0,045 Simpulan dan Saran : Ada hubungan yang signifikan (P<0,05) antara pengetahuan ibu balita tentang gizi dan PMT-P dan sikap ibu balita terhadap PMT–P modisco dengan praktek ibu dalam PMT-P modisco. Untuk itu perlu penelitian lebih lanjut tentang hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan status gizi balita. Selain itu perlu disosialisasikan bahwa modisco adalah bantuan pemerintah yang bersifat sementara, sehingga dalam jangka panjang diharapkan adanya swadaya masyarakat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengetahuan-Sikap-Praktek-Gizi buruk PMT–P
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26202
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:08 Feb 2011 08:33
Last Modified:08 Feb 2011 08:33

Repository Staff Only: item control page