HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI, STATUS KESEHATAN DAN LATIHAN FISIK DENGAN KESEGARAN JASMANI LANSIA DI KLUB JANTUNG SEHAT SEMARANG

Ari Widyastuti Retno Wulandari, Ari Widyastuti Retno Wulandari (2005) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI, STATUS KESEHATAN DAN LATIHAN FISIK DENGAN KESEGARAN JASMANI LANSIA DI KLUB JANTUNG SEHAT SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
70Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

166Kb

Abstract

Kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh kualitas fisik dan non fisik yang keduanya saling berpengaruh, sehingga perlu mendapat perhatian yang sama agar manusia selalu dalam kondisi keseimbangan yang baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas fisik adalah dengan peningkatan kesegaran jasmani. Status Gizi, status kesehatan, dan latihan fisik adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesegaran jasmani. Hubungan faktor-faktor tersebut dengan kesegaran jasmani diteliti di Klub Jantung Sehat Taman Budaya Taman Raden Saleh Semarang. Penelitian ini bersifat eksplanatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel yang diperoleh sebanyak 55 orang (kurang dari perhitungan jumlah sampel minimal) yang terdiri dari 24 orang pria dan 31 wanita. Kriteria yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah usia 60-70 tahun, anggota aktif mengikuti kegiatan senam jantung sehat di Klub Jantung Sehat Taman Budaya Raden Saleh Semarang minimal dua kali dalam satu minggu, berbadan sehat dan bersedia menjadi sampel. Penelitian ini dilakukan pada bulan september 2004. Pengambilan data meliputi data identitas responden, kesegaran jasmani diukur berdasarkan denyut nadi paska latihan Kash, asupan makanan melalui food frequency questionnaire (FFQ), status gizi berdasarkan Indeks masa tubuh, status kesehatan dan latihan fisik yang diukur berdasarkan kuesioner dengan pertanyaan terstruktur. Analisis statistik yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman dan Pearson Product Moment serta uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) 62,5 % pria dan 74,2 % wanita mempunyai status gizi normal (2) 95,8 % pria dan 74,2 wanita mempunyai status kesehatan baik, (3) 74,2 % wanita dan 83,3 % pria mempunyai skor latihan fisik yang sedang, (4)79,2 % pria dan 93,5 % wanita mempunyai kesegaran jasmani baik. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan antara asupan energi protein dengan status gizi (r1=0,792 p1=0.00,r2=0,641 p2=0,00) dan ada hubungan antara status gizi, status kesehatan dan latihan fisik dengan denyut nadi (r1=-0,751 p1=0,00, r2 =-0,722 p2=0,00,r3=-0,864 p3=0,00). Analisis regresi menunjukkan bahwa ketiga variabel memberikan sumbangan terhadap kesegaran jasmani sebesar 83,1 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Elderly, Physical Fitness, Nutritional Status, Health Status and Exercise
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26196
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Feb 2011 09:22
Last Modified:05 Feb 2011 09:22

Repository Staff Only: item control page