HUBUNGAN ANTARA USIA IBU, PARITAS, JARAK KELAHIRAN, LINGKAR LENGAN ATAS (LILA), TINGGI BADAN (TB), PENDIDIKAN, PEKERJAAN IBU, PENDAPATAN KELUARGA, ASUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN BERAT BAYI LAHIR (BBL)

Hartiningsih, Hartiningsih (2005) HUBUNGAN ANTARA USIA IBU, PARITAS, JARAK KELAHIRAN, LINGKAR LENGAN ATAS (LILA), TINGGI BADAN (TB), PENDIDIKAN, PEKERJAAN IBU, PENDAPATAN KELUARGA, ASUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN BERAT BAYI LAHIR (BBL). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
24Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

115Kb

Abstract

Latar belakang : Salah satu sebab tingginya kematian perinatal adalah bayi berat lahir rendah (BBLR). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kejadian BBLR diantaranya usia ibu, paritas, jarak kelahiran, LILA, TB, pendidikan, pekerjaan ibu, pendapatan keluarga, asupan energi dan protein. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara usia ibu, paritas, jarak kelahiran, LILA, TB, pendidikan, pekerjaan ibu, pendapatan keluarga, asupan energi dan protein dengan BBL. Metoda : Desain penelitian adalah cross-sectional dengan jumlah sampel sebanyak 33 bayi yang lahir pada bulan September dan Oktober 2004. Responden adalah ibu hamil yang terdaftar di wilayah kerja Puskesmas Bandarharjo Semarang, yang diambil secara purposif. Pada responden dilakukan wawancara tentang usia ibu, paritas, jarak kelahiran, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan keluarga. Asupan energi dan protein diperoleh dengan menggunakan food frekuensi semikuantitatif. LILA diukur dengan menggunakan pita LILA sedangkan TB diukur menggunakan mikrotoice. Uji yang digunakan untuk melihat adanya hubungan masing-masing variabel dengan BBL adalah Pearson Product Moment (jika data terdistribusi normal), Korelasi Rank Spearman (jika data tidak terdistribusi normal), Independen T-test dan Regresi Linier Ganda. Hasil : Didapatkan rerata berat bayi lahir 2987,88  460,982. Variabel yang berhubungan dengan BBL adalah LILA (p=0,014), TB (p=0,012), dan asupan energi (p= 0,017). Kesimpulan : Variabel-variabel yang berhubungan dengan BBL adalah LILA, TB dan Asupan energi. Sedangkan usia ibu, paritas, jarak kelahiran, pendidikan, pekerjaan ibu, pendapatan keluarga dan asupan protein tidak ada hubungan dengan BBL.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:BBL, LILA, TB, asupan energi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26194
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:05 Feb 2011 08:58
Last Modified:05 Feb 2011 08:58

Repository Staff Only: item control page