HUBUNGAN ANTARA POLA PEMBERIAN ASI, MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI), KONTRIBUSI PROTEIN DAN ZAT BESI MP-ASI TERHADAP KECUKUPAN PROTEIN DAN ZAT BESI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN BAYI (6 – 12 BULAN)

Erni Herawati, Erni Herawati (2005) HUBUNGAN ANTARA POLA PEMBERIAN ASI, MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI), KONTRIBUSI PROTEIN DAN ZAT BESI MP-ASI TERHADAP KECUKUPAN PROTEIN DAN ZAT BESI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN BAYI (6 – 12 BULAN). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
66Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

124Kb

Abstract

Latar Belakang : Anemia gizi yang paling umum terjadi di masyarakat adalah anemia gizi besi. Bayi merupakan salah satu golongan rawan gizi yang beresiko menderita anemia karena pada masa tersebut kebutuhan akan zat besinya meningkat. Faktor –faktor yang mempengaruhi kadar hemoglobin bayi antara lain pola pemberian ASI, pola pemberian MP-ASI dan asupan zat gizi dari MP-ASI terutama protein dan zat besi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola pemberian ASI, MP-ASI dan kontribusi protein dan zat besi MP-ASI terhadap kecukupan protein dan zat besi dengan kadar hemoglobin bayi (6-12 bulan ). Metoda : Penelitian dilakukan secara cross sectional pada bayi usia 6-12 bulan yang diambil secara acak sederhana. Pemeriksaan kadar hemoglobin dilakukan dengan menggunakan fotometer B Hemocue. Pada responden dilakukan wawancara mengenai pola pemberian ASI, MP-ASI dan asupan MP-ASI sampel. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment untuk data yang terdistribusi normal dan Rank Spearman untuk data yang tidak terdistribusi normal dengan α = 0,05. Untuk melihat variabel yang paling berpengaruh dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil : Didapatkan proporsi anemia pada bayi sebesar 54,55%. Tidak ada hubungan antara pola pemberian ASI dan MP-ASI dengan kadar hemoglobin bayi (r = -0,054; p = 0,696 dan r = -0,202; p = 0,140). Ada hubungan antara kontribusi protein dan zat besi MP-ASI terhadap kecukupan protein dan zat besi dengan kadar hemoglobin bayi (r = 0,431; p = 0,000 dan r = 0,466; p = 0,001). dan ada hubungan antara kontribusi zat besi MP-ASI terhadap kecukupan zat besi dengan kadar hemoglobin bayi (p = 0,000). Variabel yang paling berhubungan dengan kadar hemoglobin bayi adalah kontribusi zat besi MP-ASI terhadap kecukupan zat besi. Kesimpulan : Ada hubungan antara kontribusi protein dan zat besi MP-ASI dengan kadar hemoglobin bayi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kadar hemoglobin, Asupan protein dan zat besi MP-ASI
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26193
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Feb 2011 08:54
Last Modified:05 Feb 2011 08:54

Repository Staff Only: item control page