HUBUNGAN PENGGUNAAN NUTRITIONAL AIDS, ASUPAN ENERGI, KADAR Hb, FREKUENSI LATIHAN DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI(STUDI KASUS PADA ANGGOTA PERSATUAN SEPAK BOLA UNNES USIA 19-24 TAHUN)

Riski Shintawati , Riski Shintawati (2006) HUBUNGAN PENGGUNAAN NUTRITIONAL AIDS, ASUPAN ENERGI, KADAR Hb, FREKUENSI LATIHAN DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI(STUDI KASUS PADA ANGGOTA PERSATUAN SEPAK BOLA UNNES USIA 19-24 TAHUN). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
66Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

157Kb

Abstract

Latar Belakang : Komponen penting yang menentukan keberhasilan seorang atlet untuk berprestasi adalah kesegaran jasmani. Rendahnya tingkat kesegaran jasmani seorang atlet masih merupakan problem mendasar. Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kesegaran jasmani seorang atlet. Dari semua faktor yang mempengaruhi tingkat kesegaran jasmani faktor gizi dan frekuensi latihan yang paling berpengaruh. Faktor gizi meliputi asupan energi dan penggunaan ergogenic aids Tujuan : Untuk menganalisa hubungan penggunaan ergogenic aids, asupan energi, kadar Hb dan frekuensi latihan dengan tingkat kesegaran jasmani. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang semua variabelnya dikumpulkan dalam waktu yang sama. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2005, termasuk disiplin ilmu Gizi Masyarakat. Sampel penelitian 32 mahasiswa UNNES (anggota persatuan sepak bola UNNES). Pengambilan sampel menggunakan metoda total sampling. Pengolahan data dengan NUTRISOFT dan SPSS 11,0. Hasil : Tidak ada pengaruh penggunaan ergogenic aids dengan tingkat kesegaran jasmani ( p = 0,179). Ada hubungan asupan energi dengan tingkat kesegaran jasmani ( p = 0,018 ), ada hubungan kadar Hb dengan tingkat kesegaran jasmani ( P = 0,015 ). Ada pengaruh frekuensi latihan dengan tingkat kesegaran jasmani ( P = 0,001) Simpulan : Penggunaan ergogenic aids tidak berpengaruh pada tingkat kesegaran jasmani. Semakin meningkat asupan energi dan kadar Hb semakin tinggi tingkat kesegaran jasmani. Frekuensi latihan berpengaruh pada tingkat kesegaran jasmani.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:ergogenic aids, asupan energi, Hb , frekuensi latihan, kesegaran jasmani
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26168
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Feb 2011 10:18
Last Modified:04 Feb 2011 10:18

Repository Staff Only: item control page