EFEK SUPLEMENTASI TABLET BESI FOLAT SATU MINGGU SEKALI TERHADAP KENAIKAN KADAR HEMOGLOBIN DAN STATUS GIZI PEKERJA WANITA ANEMIA DI PERUSAHAAN SARANG BURUNG WALLET

Made Martini Aryani , Made Martini Aryani (2006) EFEK SUPLEMENTASI TABLET BESI FOLAT SATU MINGGU SEKALI TERHADAP KENAIKAN KADAR HEMOGLOBIN DAN STATUS GIZI PEKERJA WANITA ANEMIA DI PERUSAHAAN SARANG BURUNG WALLET. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
82Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

225Kb

Abstract

Latar Belakang Anemia gizi merupakan salah satu masalah gizi utama di Indonesia, sebagian besar anemia gizi ini adalah anemia gizi besi. Anemia pada wanita kemungkinan disebabkan karena asupan makanan yang sedikit mengandung protein, zat besi dan vitamin. Resiko wanita relatif lebih tinggi untuk menderita anemia karena menstruasi, hamil dan menyusui anak. Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui efek suplementasi tablet besi folat terhadap kenaikan kadar hemoglobin dan status gizi pekerja wanita anemia. Metode Penelitian merupakan studi eksperimental /intervensi di lapangan, selama 8 minggu dari bulan September-Oktober 2005 di perusahaan sarang burung wallet, Banyumanik, Semarang. Responden 29 wanita anemia, diambil secara purposif. Kriteria responden adalah pekerja wanita usia subur, tidak sedang hamil dan tidak TBC atau penyakit keganasan. Data dikumpulkan meliputi karakteristik responden, kebiasaan makan dengan food frekwensi, jumlah konsumsi dengan recall, Status gizi dan kadar Hb diukur pada awal dan akhir penelitian. Intervensi berupa besi-folat yang diberikan satu minggu sekali selama 8 minggu. Tiga hari sebelum intervensi diberi obat cacing vermox 500 mg mebendazol dosis tunggal. Hasil Prevalensi anemia sebesar 22,83 %, setelah intervensi menjadi 4,72 %. Konsumsi zat-zat gizi seperti energi, protein, Fe dan vitamin C masih kurang dibanding dengan AKG. Rerata IMT sebelum dan setelah intervensi termasuk dalam kategori normal. Skor rerata kebiasaan makan cukup 18,52±3,77. Kesimpulan : Ada efek pemberian tablet besi-folat 1 minggu sekali selama 8 minggu, terhadap kenaikan kadar Hb, tetapi tidak terdapat efek terhadap status gizi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:pekerja wanita, anemia gizi, tablet besi folat
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26166
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Feb 2011 10:09
Last Modified:04 Feb 2011 10:09

Repository Staff Only: item control page