PERBEDAAN KADAR KOLESTEROL LDL SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN YOGHURT PADA WANITA MENOPAUSE DENGAN HIPERKOLESTEROLEMIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA

Esti Astuti, Esti Astuti and Wirawanni, Yekti (2007) PERBEDAAN KADAR KOLESTEROL LDL SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN YOGHURT PADA WANITA MENOPAUSE DENGAN HIPERKOLESTEROLEMIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
71Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

138Kb

Abstract

Latar belakang : Beberapa studi epidemiologi dan studi klinik menyatakan tingginya kadar kolesterol LDL menyebabkan resiko terjadinya PJK. Berdasarkan hasil Suskernas 2001 memperlihatkan angka 26,4% kematian disebabkan oleh PJK. Pada masa menopause penurunan sintesis hormon estrogen berdampak pada kenaikan kadar kolesterol LDL. Tingginya kadar kolesterol LDL dipengaruhi banyak hal tetapi makanan merupakan faktor yang dapat disikapi dan merupakan tindakan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Yoghurt merupakan salah satu minuman yang dapat menurunkan kolesterol LDL. Sejumlah asam – asam organik seperti asam glukoronat, propionat, folat dan laktat dapat berperan dalam penurunan kolesterol. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kadar kolesterol LDL sebelum dan sesudah pemberian yoghurt pada wanita menopause dengan hiperkolesterolemia. Metode : jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan one group pre test – post test design. Subjek diambil menggunakan cara purposive, besar subjek penelitian ini adalah 17 orang. Data yang dikumpulkan berupa data primer meliputi nama, umur, berat badan, tinggi badan, kadar kolesterol LDL, daya terima yoghurt dan asupan makanan. Perbedaan kadar kolesterol LDL sebelum dan sesudah pemberian yoghurt diuji menggunakan uji Paired T-test. Hasil : Hasil pemeriksaan kolesterol LDL awal didapatkan rerata sebesar 135,2 mg/dl termasuk kategori batas tinggi. Rerata asupan yoghurt subjek 0,87 gelas atau 174,5 gram. Kolesterol LDL subjek setelah pemberian yogurt mengalami penurunan dengan rerata kolesterol LDL 77,2 mg/dl atau telah terjadi penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 42,77%. Hasil uji paired T-test menunjukan bahwa terjadi perbedaan kadar kolesterol LDL sebelum dan sesudah pemberian yoghurt yang signifikan dengan p=0,00. Simpulan : Terdapat perbedaan yang signifikan antara kolesterol LDL sebelum dan sesudah pemberian yoghurt pada wanita menopause dengan hiperkolesterolemia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kolesterol LDL, yoghurt, hiperkolesterolemia, menopause
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26152
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Feb 2011 13:50
Last Modified:08 Sep 2012 07:39

Repository Staff Only: item control page