Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Praktek Ibu tentang Pemberian Makanan Bayi dengan Kejadian Kurang Energi Protein pada Balita

Kristiadi, Eko and Wirawanni, Yekti (2007) Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Praktek Ibu tentang Pemberian Makanan Bayi dengan Kejadian Kurang Energi Protein pada Balita. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
40Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

214Kb

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan dan sikap mengenai pemberian makanan pada bayi merupakan penyebab tidak langsung, sedangkan praktek ibu merupakan penyebab langsung terjadinya kurang energi protein pada anak. Bayi masih tergantung pada apa yang diberikan oleh orang lain (ibu). Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan praktek ibu dalam pemberian makanan pada bayi dengan kejadian kurang energi protein pada anak. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus kontrol. Subjek terdiri atas 22 kasus dan 44 kontrol. Pengambilan subjek ditentukan dengan teknik sampel proporsional. Pengambilan data subjek kasus dan kontol berdasarkan nilai Z score BB/U menggunakan timbangan dacin kapasitas 25 kg dan ketelitian 0,1kg. Instrumen penelitian berupa 14 pertanyaan pengetahuan, 24 pernyataan sikap dan 22 item praktek yang diamati terhadap ibu dalam pemberian makanan kepada bayi. Analisis bivariat dilakukan dengan uji Chi Square dan multivariat dengan regresi logistik. Hasil: Tidak ada hubungan pengetahuan ibu dengan kejadian kurang energi protein pada balita (p=0,55). Terdapat hubungan sikap ibu dengan kejadian kurang energi protein pada balita (p=0,034). Ibu dengan sikap kurang berisiko mempunyai anak kurang energi protein 3,09 kali lebih tinggi dibanding ibu dengan sikap baik.Terdapat hubungan praktek ibu dalam pemberian makanan bayi dengan kejadian kurang energi pada balita (p=0,036). Ibu dengan praktek kurang berisiko mempunyai anak kurang energi protein 3,2 kali lebih tinggi dibanding ibu dengan praktek baik. Tidak ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan praktek ibu tentang pamberian makanan bayi dengan kejadian kurang energi protein pada anak (p>0,05). Kesimpulan: Kurang energi protein pada anak tidak hanya dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap dan praktek ibu, tetapi dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengetahuan, Sikap, Praktek, Pemberian makanan bayi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26126
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:31 Jan 2011 12:09
Last Modified:14 Aug 2012 10:46

Repository Staff Only: item control page