BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA 15-36 BULAN DI DESA GAJAH KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK

Amalia Husniati, Amalia Husniati (2007) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA 15-36 BULAN DI DESA GAJAH KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
90Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

189Kb

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan anak dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan anak adalah lama pemberian ASI, status gizi anak, pendidikan ibu, dan pendapatan perkapita keluarga. Tujuan : Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antara lama pemberian ASI, status gizi anak, pendidikan ibu, dan pendapatan perkapita keluarga dengan perkembangan motorik anak usia 15-36 bulan. Metode: Desain penelitian adalah cross sectional dengan jumlah sampel 38 anak diambil dengan metode purposif sampling. Data lama pemberian ASI, pendapatan perkapita keluarga, dan pendidikan ibu didapatkan melalui wawancara. Perkembangan motorik anak diukur dengan melakukan pengetesan langsung berdasarkan kuesioner pra skrining perkembangan Depkes RI. Z skor BB/U, TB/U, dan BB/TB digunakan sebagai perhitungan status gizi. Pearson Product Moment dan Independent t-test digunakan dalam analisis bivariat. Regresi linier ganda digunakan dalam analisis multivariat. Hasil : Lama pemberian ASI, status gizi anak, dan pendapatan perkapita keluarga tidak berhubungan dengan skor perkembangan motorik anak. Pendidikan ibu berhubungan dengan perkembangan motorik anak (p=0,046), tetapi tidak lagi didapatkan hubungan setelah dikontrol dengan variabel lain. Analisis multivariat menunjukkan bahwa hanya lama pemberian ASI eksklusif yang berhubungan dengan perkembangan motorik anak (R2=0,167,p=0,006). Simpulan : Pemberian ASI eksklusif > 4 bulan berhubungan dengan perkembangan motorik anak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:ASI, status gizi, pendidikan ibu, pendapatan perkapita keluarga, perkembangan motorik
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26118
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2011 10:22
Last Modified:31 Jan 2011 10:22

Repository Staff Only: item control page