PENGARUH PEMBERIAN JUS PEPAYA, JUS SEMANGKA DAN JUS MELON TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH SISTOLIK DAN DIASTOLIK

Elis Mariani , Elis Mariani (2007) PENGARUH PEMBERIAN JUS PEPAYA, JUS SEMANGKA DAN JUS MELON TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH SISTOLIK DAN DIASTOLIK. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
75Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
208Kb

Abstract

Latar Belakang Tekanan darah tinggi berkaitan dengan gaya hidup dan pola makan tinggi lemak, rendah serat dan tinggi natrium. Kalium mempunyai efek terbalik terhadap natrium. Buah pepaya, semangka dan melon merupakan makanan sumber kalium. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian jus buah pepaya, semangka dan melon terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik . Metode : Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Randomized Control Trial (RCT) pada 3 kelompok perlakuan. Jumlah subyek penelitian sebanyak 47 orang dengan tekanan darah sistolik ≥ 140 mmHg dan diastolik ≥ 90 mm Hg, Jenis perlakuan yang diberikan adalah pemberian jus pepaya, jus semangka dan jus melon dengan kandungan kalium buah sebanyak 500,2 mg selama 5 hari. Tekanan darah subyek diukur 5 menit sebelum dan 60 menit setelah perlakuan. Analisis statistik yang digunakan adalah paired t- test , uji anova dan anakova. Hasil : Terdapat penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik setelah perlakuan pada ketiga kelompok sebesar 16,1±2,9 mmHg dan 12,4±2,4 pada kelompok pepaya, 18,5± 3,8 mmHg dan 12,7±3,1 mmHg pada kelompok semangka, 14,7± 3,9 mmHg dan 10,3±3,8 mmHg pada kelompok melon serta terdapat perbedaan penurunan pada tekanan darah sistolik diantara ketiga kelompok. Pemberian perlakuan pepaya, semangka dan melon berpengaruh secara bermakna terhadap penurunan tekanan darah sistolik (p=0,021)dan diastolik (p= 0,007). Simpulan: Pemberian jus pepaya, jus semangka dan jus melon berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah sistolik maupun diastolik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:makanan sumber kalium ( pepaya, semangka, melon) , tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, tekanan darah tinggi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26117
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2011 10:02
Last Modified:06 Nov 2014 12:01

Repository Staff Only: item control page