EVALUASI IMBANG NITROGEN BERDASARKAN PEMBERIAN MAKANAN ENTERAL FORMULA RUMAH SAKIT PADA PASIEN STROKE RAWAT INAP RUMAH SAKIT Dr. CIPTO MANGUNKUSUMO JAKARTA

Sri Mulyati, Sri Mulyati (2007) EVALUASI IMBANG NITROGEN BERDASARKAN PEMBERIAN MAKANAN ENTERAL FORMULA RUMAH SAKIT PADA PASIEN STROKE RAWAT INAP RUMAH SAKIT Dr. CIPTO MANGUNKUSUMO JAKARTA. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

114Kb

Abstract

Latar Belakang: Malnutrisi adalah masalah yang sering terjadi pada pasien rawat inap di beberapa rumah sakit negara sedang berkembang. Makanan enteral secara Naso Gastrik Tube (NGT) adalah cara konvensional dalam dukungan gizi di rumah sakit. Pemberian makanan enteral dapat dievaluasi dengan pengukuran imbang nitrogen. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi imbang nitrogen berdasarkan pemberian makanan enteral formula rumah sakit pasien stroke. Metode: Penelitian ini dilakukan pada 10 pasien stroke yang menerima makanan enteral formula rumah sakit. Karakteristik subyek penelitian meliputi usia > 40 tahun, pasien stroke yang menerima makanan enteral rumah sakit selama 3 hari secara terus-menerus, tidak menderita komplikasi penyakit hati dan jantung serta tidak berada dalam keadaan hiperkatabolik. Urea Urin Nitrogen (UUN) subyek diperoleh dari pengumpulan urin 24 jam. Nilai imbang nitogen merupakan salah satu indikator keberhasilan dari asupan (dukungan) gizi. Nilai imbang nitrogen ini mengindikasikan perbedaan antara asupan nitrogen dan keluaran nitrogen. Nilai asupan nitrogen diperoleh dari hasil asupan protein dibagi 6,25 sedangkan keluaran nitrogen diperoleh dari nilai UUN ditambah angka mutlak sebesar 4 gram yang merupakan nitrogen hilang melalui feses, rambut, kuku dan keringat. Analisis uji statistik yang digunakan adalah Wilcoxcon Test. Hasil: Sebanyak 10 pasien yang mengikuti penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara imbang nitrogen sebelum dan sesudah pemberian makanan enteral formula rumah sakit pada pasien (p=0,005). Simpulan: Pemberian makanan enteral formula rumah sakit pada pasien stroke ternyata memberikan perbedaan terhadap imbang nitrogen.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Makanan enteral formula rumah sakit, Imbang nitrogen,Nitrogen Urea Urin
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26106
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jan 2011 09:10
Last Modified:29 Jan 2011 09:10

Repository Staff Only: item control page