FAKTOR RISIKO RASIO LINGKAR PINGGANG LINGKAR PINGGUL (RLPP) DAN ASUPAN NATRIUM TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI DI RSUD KOTA TASIKMALAYA

Esa Karina, Esa Karina (2007) FAKTOR RISIKO RASIO LINGKAR PINGGANG LINGKAR PINGGUL (RLPP) DAN ASUPAN NATRIUM TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI DI RSUD KOTA TASIKMALAYA. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

70Kb

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang bersifat abnormal dan diukur paling tidak pada tiga kali kesempatan yang berbeda. Hipertensi merupakan faktor risiko bagi terjadinya penyakit kardiovaskuler dan penyakit degeneratif lainnya. Obesitas dan asupan narium merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hipertensi. Salah satu cara untuk menentukkan obesitas dengan distribusi lemak tubuh yaitu pengukuran Rasio Lingkar Pinggang Lingkar Pinggul (RLPP). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar faktor risiko RLPP dan asupan Na terhadap kejadian hipertensi. Metode: Penelitian ini dilakukan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kota Tasikmalaya, yang merupakan penelitian Explanatory Research dengan pendekatan Case Control. Sampel penelitian terdiri dari 40 kasus dan 40 kontrol. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Rasio Lingkar Pinggang Pinggul (RLPP) dan asupan natrium. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hipertensi. Analisa univariat dilakukan untuk mendeskripsikan data karakteristik sampel, RLPP, asupan natrium. Analisis bivariat dilakukan dengan uji statistik Mc-Nemar. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko kejadian hipertensi 5 kali lebih besar pada sampel dengan RLPP ≥ 0,8 pada perempuan dan RLPP ≥ 1,0 pada laki-laki dibandingkan dengan orang yang memilki RLPP normal. Hubungan ini secara statistik bermakna (p=0,039). Hasil selanjutnya bahwa risiko kejadian hipertensi 9 kali lebih besar pada sampel dengan asupan natrium yang tinggi ≥ 2400 mg/hari dibandingkan dengan orang yang asupannya rendah < 2400 mg/hari. Hubungan ini secara statistik bermakna (p=0,021).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:RLPP, Asupan Na, Hipertensi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26101
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jan 2011 08:40
Last Modified:29 Jan 2011 08:40

Repository Staff Only: item control page