PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI PADA ANAK SEKOLAH DENGAN METODE CERAMAH DAN METODE ROLE PLAY

Ayu Wulandari, Ayu Wulandari (2007) PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI PADA ANAK SEKOLAH DENGAN METODE CERAMAH DAN METODE ROLE PLAY. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
74Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
168Kb

Abstract

Latar belakang: Pendidikan gizi sebaiknya diberikan sedini mungkin, karena anak – anak umumnya mempunyai hasrat besar untuk mengetahui dan mempelajari sesuatu lebih jauh. Pendidikan gizi di sekolah dapat diberikan sebagai bagian dari mata pelajaran yang sudah ada atau merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri jika memungkinkan. Beberapa metode pendidikan gizi adalah metode ceramah dan metode role play. Metode ceramah merupakan metode yang lazim dan sering digunakan, sementara metode role-play merupakan metode yang sangat menarik dan dekat dengan anak – anak karena berupa permainan. Tujuan: Mengetahui perbedaan peningkatan pengetahuan gizi pada anak sekolah setelah diberi pendidikan gizi dengan metode role play dan dengan metode ceramah. Metode: penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental, yang menggunakan rancangan non-randomized pre-test and post-test control group design. Hasil: skor pengetahuan gizi pada anak sekolah yang mendapat pendidikan gizi baik dengan metode ceramah maupun role play mengalami peningkatan secara signifikan (p < 0,005). Skor pengetahuan gizi pada kelompok ceramah meningkat lebih baik daripada kelompok role play. Kesimpulan: metode ceramah memberikan hasil lebih baik daripada metode role play

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:pengetahuan gizi, anak sekolah, metode ceramah, metode role play
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26099
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jan 2011 08:31
Last Modified:19 Mar 2014 11:43

Repository Staff Only: item control page