STRATEGI REBRANDING RADIO KAMPUS PROALMA MENJADI RADIO PENDIDIKAN

Rizki Cahya Nisita, Rizki Cahya Nisita (2010) STRATEGI REBRANDING RADIO KAMPUS PROALMA MENJADI RADIO PENDIDIKAN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
50Kb

Abstract

Penyajian program pendidikan yang kurang efektif dilakukan oleh Proalma sebagai radio kampus menjadi latar belakang penelitian ini. Ketidaksiapan para kru radio dalam menyiapkan materi dan rendahnya kualitas pemancar menyebabkan radio kampus ini menata ulang bagian internal perusahaannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan cara dan jenis strategi rebranding radio kampus Proalma menjadi radio pendidikan. Penelitian dilakukan dengan dengan interview/wawancara kepada narasumber/pihak yang berkompeten dalam memberikan informasi cara dan jenis strategi rebranding yang dilakukan yaitu dari pihak station manager, manajer promosi dan penyiar. Selain itu, respon pendengar didapat dari wawancara dari pendengar setia Proalma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2005, Proalma mulai melakukan rebranding dengan memperbaiki bahkan mengganti kondisi internal perusahaan. Tujuannya ialah untuk mengembalikan segmentasi pendengar seperti pada tujuan awal. Jika sebelumnya, Proalma menggunakan tagline Your Edutainment Station setelah rebranding, tagline tersebut diubah menjadi Spirit of Your Life. Tagline tersebut terkesan lebih dinamis, dekat dengan anak muda dan sesuai dengan format radio yang baru. Selain itu, Proalma juga mengganti format program siaran menjadi lebih menarik, menyeleksi dan meningkatkan kemampuan penyiar, mengganti pemancar dengan yang baru, serta kembali mengadakan program off air empat kali dalam satu tahun. Pendengar menunjukkan respon yang cukup baik dan mendukung format radio yang baru. Hambatan yang didapat yaitu kecilnya dana, minimnya kemampuan dan pengalaman penyiar, kualitas pemancar dan audio yang kurang baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:26092
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jan 2011 11:15
Last Modified:28 Jan 2011 11:15

Repository Staff Only: item control page