PERAN HUMAS PT. KERERTA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI IV SEMARANG DALAM MENJALIN EMPLOYEE RELATIONS

Nur Hidayati, Nur Hidayati (2010) PERAN HUMAS PT. KERERTA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI IV SEMARANG DALAM MENJALIN EMPLOYEE RELATIONS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
50Kb

Abstract

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa angkutan penumpang, barang, dan usaha pendukung, serta bisnis properti perkeretaapian. PT. KAI Daop IV Semarang mempunyai tugas pokok yang terangkum dalam tiga program kerja penyelenggaraan pelayanan jasa angkutan kereta api dalam rangka memperlancar transportasi untuk menunjang pembangunan nasional. Tiga program kerja yang diterapkan pada tahun 2010 meliputi peningkatan pelayanan dan pendapatan, keselamatan dan pelayanan, serta pembukaan trayek baru untuk jarak menengah. PT.KAI Daop lV Semarang sebagai salah satu penyedia jasa transportasi, pengelolaan SDM yang baik menjadi salah satu upaya untuk menunjang kekuatan SDM yang tersedia di perusahaan. Dalam pelaksanaan manajemen perusahaan terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberlangsungan perusahaan seperti yang telah diberitakan pada berbagai media diantaranya ada korupsi diatas KA, naik KA laptop melayang, 542 perlintasan KA rawan kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran humas PT. KAI Daop IV Semarang dalam menjalin Employee Relations. Untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan diperlukan adanya komunikasi antara manajemen dengan karyawan. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan tentang karakteristik (ciri-ciri) individu, situasi atau kelompok tertentu. Penelitian ini menggunakan narasumber yang berkompeten untuk memberikan informasi. Narasumber penelitian ini adalah kahumas PT. KAI Daop IV Semarang, Staff Humas dan karyawan PT. KAI Daop IV Semarang. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer, melalui wawancara mendalam dengan narasumber dan data sekunder, melalui buku, dokumen, dan kepustakaan. Pada temuan penelitian ditemukan bahwa peran humas PT KAI Daop IV Semarang adalah sebagai mediator pendengar kritik dan saran karyawan mengenai perusahaan, fasilitator dalam memecahkan masalah masalah perusahaan, dan pemberi informasi-informasi mengenai perusahaan. Media-media yang digunakan dalam kegiatan employee relations adalah media internal “Daop4 News”, papan pengumuman, internet, kotak saran, radio loko, kotak saran, rapat rutin coffee morning, dan sambung rasa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:26091
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jan 2011 11:13
Last Modified:28 Jan 2011 11:13

Repository Staff Only: item control page