AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS RS. TELOGOREJO DALAM UPAYA MEWUJUDKAN VISI “MENJADI RUMAH SAKIT PILIHAN UTAMA”

Dina Oktaviana, Dina Oktaviana (2010) AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS RS. TELOGOREJO DALAM UPAYA MEWUJUDKAN VISI “MENJADI RUMAH SAKIT PILIHAN UTAMA”. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
54Kb

Abstract

Menghadapi persaingan antar rumah sakit yang semakin ketat dan masyarakat yang masih merasa enggan untuk menggunakan jasa pelayanan kesehatan dari rumah sakit karena tarif jasa yang dibebankan kepada pasien yang terkesan mahal, terlebih bagi masyarakat dengan status sosial menengah ke bawah, RS. Telogorejo memerlukan adanya tindakan atau aktivitas untuk tetap memperoleh kepercayaan konsumen atau pasien sebesar-besarnya, sekaligus sebagai harapan agar apabila masyarakat membutuhkan jasa pelayanan kesehatan, RS. Telogorejo dapat dijadikan sebagai rumah sakit pilihan yang utama dan satu-satunya bagi masyarakat yang menyediakan jasa pelayanan kesehatan dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai, serta pelayanan yang excellence. Sehingga, visi “Menjadi Rumah Sakit Pilihan Utama” yang telah dimiliki RS. Telogorejo haruslah diwujudkan demi keberlangsungan perusahaan dan citra positif RS. Telogorejo. Berdasarkan hal di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan oleh Praktisi Humas RS. Telogorejo dalam upaya mewujudkan visi “Menjadi Rumah Sakit Pilihan Utama.” Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk memaparkan situasi atau kondisi yang diamati. Data primer yang diperoleh secara langsung dari narasumber, yaitu PR OIC dan Customer Service RS. Telogorejo Semarang dan salah satu customer atau pasien RS. Telogorejo, menggunakan interview guide yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas Public Relations RS. Telogorejo dalam Upaya Mewujudkan Visi “Menjadi Rumah Sakit Pilihan Utama.” Aktivitas yang dilakukan PR RS. Telogorejo tersebut diwujudkan dalam bentuk internal relations, seperti berinteraksi langsung dengan seluruh karyawan dan pemangku kepentingan melalui event-event yang diadakan, serta eksternal relations, seperti media relations, publikasi, event organizer, riset kehumasan, dan customer relations. Seluruh aktivitas tersebut dirasa sudah efektif dan seirama, sesuai dengan visi RS. Telogorejo.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:26085
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jan 2011 10:55
Last Modified:28 Jan 2011 10:55

Repository Staff Only: item control page